Friday, 20-05-2022 10:22:12 am
Home » Pertanian » Guna Menumbuhkan dan Mengembangkan Potensi Ekspor Hasil Pertanian, Firman Soebagyo, S.E., M.H. Adakan Bimtek Melalui Dinas Pertanian Kabupaten Pati

Guna Menumbuhkan dan Mengembangkan Potensi Ekspor Hasil Pertanian, Firman Soebagyo, S.E., M.H. Adakan Bimtek Melalui Dinas Pertanian Kabupaten Pati

(293 Views) November 10, 2021 9:52 am | Published by | No comment

Suarapatinews.com – Pati. Potensi produk lokal petani di kabupaten Pati baik berupa bahan mentah maupun olahan tidak perlu diragukan lagi kualitas serta kuwantitasnya. Namun kendala berupa pemasaran hasil pertanian menjadi sebuah permasalahan tersendiri yang perlu dicari solusinya agar para petani memiliki semangat untuk mengembangkan usaha pertanianya.

Kegiatan Bimtek Penumbuhan dan Pengembangan Potensi Ekspor Hasil Produksi Pertanian

Kondisi tersebut yang menginisiasi Firman Soebagyo, S.E., M.H anggota DPR RI dari komisi IV untuk mengadakan bimbingan teknis (Bimtek) sebagai sarana menumbuhkan potensi ekspor hasil pertanian khususnya di kabupaten Pati yang diharapkan para petani memiliki wawasan dan dapat menjadi pelaku ekspor sehingga akan meningkatkan nilai jual produk pertanianya.



Peserta Bimtek

Kegiatan yang berlangsung di ruang meeting hotel New Merdeka Pati pada hari Selasa, 10 November 2021 dihadiri oleh Firman Soebagyo, S.E., M.H melalui sambungan video conference, kepala dinas pertanian kabupaten Pati Ir. Niken Meiningrum, M.Si, Ketua DPD partai Golkar kabupaten Pati Hj Endah Sri Wahyuningti, SKM yang hadir secara langsung pada kegiatan bimtek kali ini.

Sedangkan nara sumber yang hadir pada kegiatan bimtek yaitu dari Kepala Balai Karantina Pertanian Semarang yang diwakili oleh Kasub Pengawasan dan Tindakan Drh. Fitria Maria Ulfa serta pelaku ekspor produk pertanian sekaligus sebagai Sekertaris Jenderal Duta Petani Milenial (DPM) Jatu Barnawati.

Dalam sambutanya Firman Soebagyo, S.E., M.H menyampaikan kepada peserta bimtek yang hadir agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik dan ada hasil yang diperoleh setelah selesai mengikuti bimtek. Hasil yang dimaksud dapat berupa tindakan nyata baik berupa perencanaan maupun tindakan terhadap produk yang dimilikinya agar memenuhi kriteria barang berkualitas ekspor seperti yang disampaikan nara sumber.

Nada serupa juga disampaikan oleh kepala dinas pertanian kabupaten Pati Ir. Niken Meiningrum, M.Si bahwa petani di kabupaten Pati, khususnya petani milenial harus memiliki inovasi-inovasi terhadap produknya, sehingga akan mengubah pandangan masyarakat bahwa petani itu kotor dan tidak layak dijadikan sebuah profesi akan berubah menjadi petani itu keren dan layak digeluti. Lebih lanjut Ir. Niken Meiningrum, M.Si menyampaikan ucapan terimakasih kepada Firman Soebagyo, S.E., M.H atas terselenggaranya acara bimtek ini, sehingga diharapkan petani di kabupaten Pati dapat lebih termotifasi lagi.

Turut memberikan sambutan serta motivasi kepada sekitar 60 peserta bimtek, Hj Endah Sri Wahyuningati, SKM selaku Ketua DPD partai Golkar kabupaten Pati. Pihaknya mengajak seluruh peserta agar tetap semangat melakukan kegiatan di bidang pertanian. Berbagai upaya terus dilakukan untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi para petani, seperti yang dilakukan saat ini oleh Firman Soebagyo, S.E., M.H bersama partai Golkar dengan cara menyelenggarakan bimtek. Lebih lanjut Hj Endah Sri Wahyuningati, SKM berpesan kepada peserta bimtek untuk tetap konsisten agar kegiatan serupa dapat terus berlangsung. (Andik)

Published by

Categorised in:

No comment for Guna Menumbuhkan dan Mengembangkan Potensi Ekspor Hasil Pertanian, Firman Soebagyo, S.E., M.H. Adakan Bimtek Melalui Dinas Pertanian Kabupaten Pati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *