Friday, 20-05-2022 10:46:34 am
Home » Pertanian » Hebat!!! Anak Muda yang Mencoba Meniti Karir Menjadi Petani Milenial

Hebat!!! Anak Muda yang Mencoba Meniti Karir Menjadi Petani Milenial

(360 Views) November 2, 2021 1:51 pm | Published by | No comment

Suarapatinews.com – Pati. Perawatan rutin berbagai jenis tanaman di halaman rumah milik Nurul Aeni, S.P seorang petani milenial asal desa Gunungsari kecamatan Batangan – Pati yang juga seorang sarjana strata 1 dari univeraitas ternama di kota Solo pada jurusan Agribisnis.

 



Terlihat dengan jelas pada hari Selasa, (2/11/2021) terdapat berbagai macam tanaman buah, sayuran, dan toga (tanaman obat keluarga) lengkap tersedia di lahan pekarangan dengan luas kurang lebih 500 meter persegi milik Nurul Aeni.

Pilihan bekerja atau berwirausaha merupakan sesuatu yang harus ditentukan ketika seseorang menyelesaikan pendidikan. Tidak sedikit para pemuda yang berusaha keras untuk mendapatkan gaji setiap bulan, namun beberapa diantara mereka memberanikan diri untuk merintis suatu usaha yang nantinya dapat berkembang dan menjadikanya sukses.

Pilihan kedua nampaknya pilihan yang akan ditentukan oleh Nurul Aeni. Berbekal pengalaman yang dimilikinya dan juga pengaruh keluarga yang memang berprofesi sebagai seorang petani, dia berusaha menjadi pengusaha di bidang tersebut.

Untuk memulainya Nurul Aeni mengawali dengan melakukan perbanyakan tanaman sebut saja grafting (sambung pucuk) pada tanaman jambu kristal, nampak juga hal menarik di kebun halaman rumahnya yaitu mangga tiga dimensi yang merupakan satu mangga yang disambung dengan tiga varietas yang nantinya diharapkan akan berbuah tiga macam dalam satu pohon.

Selain itu terlihat pula perbanyakan tanaman dengan cara stek dan cangkok untuk tanaman buah-buahan dan juga budidaya berbagai jenis sayuran dan tanaman bunga misalnya saja bunga wijaya kusuma.

Untuk pengembangan kemampuanya, kedepan Nurul Aeni akan bekerjasama dengan komunitas petani milenial “Semut Ijo” dalam hal perbanyakan tanaman ekslusif yang akan mencukupi stok bibit tanaman yang ada di gerai-gerai komunitas “Semut Ijo” yang ada di kabupaten Pati pungkasnya.

Dukungan juga datang dari ketua komunitas “Semut Ijo” Andik Aristiawan. Pihaknya menyampaikan siap menampung hasil perbanyakan tanaman yang akan diproduksi Nurul Aeni bahkan tahun depan menurut Andik Aristiawan, komunitasnya akan menyiapakan sedling (batang bawah). Untuk itu Andik Aristiawan berpesan agar Nurul Aeni meningkatkan jam terbang dalam hal perbanyakan tanaman. (Red)

Published by

Categorised in:

No comment for Hebat!!! Anak Muda yang Mencoba Meniti Karir Menjadi Petani Milenial

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *