Wednesday, 01-12-2021 07:06:52 am
Home » Kabar Desa » Karang Taruna Desa Sukoharjo – Wedarijaksa Kab Pati Lakukan Gerakan Penghijauan di Jalur Alas Lamin

Karang Taruna Desa Sukoharjo – Wedarijaksa Kab Pati Lakukan Gerakan Penghijauan di Jalur Alas Lamin

(316 Views) November 13, 2021 7:54 am | Published by | No comment

Suarapatinews.com – Pati. Kegiatan peduli lingkungan kembali lagi ditunjukan berbagai komunitas dalam rangka menghijaukan bumi dan mengurangi pemanasan global. Salah satu contoh baik dilakukan oleh Karang Taruna desa Sukoharjo kecamatan Wedarijaksa kabupaten Pati pada hari Sabtu (13/11/2021) yang berlokasi di kawasan penghijauan jalur Alas Lamin dengan cara melakukan penanaman berbagai macam pohon peneduh.

Turut hadir pada acara penghijauan tersebut Wakil Bupati Pati H Saiful Arifin selaku ketua umum Karang Taruna kabupaten Pati beserta anggota, Camat Wedarijaksa, Kapolsek Wedarijaksa, anggota Koramil dan Polsek Wedarijaksa, Kepala Desa Sukoharjo – Wedarijaksa, Forum Kesehatan Desa (FKD) Sumbersari – Kayen, Cabang Dinas Kehutanan (CDK) provinsi Jawa Tengah wilayah 2 selaku penyedia bibit, Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa Republik Indonesia (IAMRI) kabupaten Pati, Siswa Safin Pati Football Academy (SPFA), serta anggota Pramuka Penegak Madrasah Aliyah Ihyaul Ulum.



Berbagai Komunitas yang Ikut Pada Kegiatan Penghijauan Jalur Alas Lamin

Dalam sambutanya H Saiful Arifin menyampaikan bahwa kegiatan baik berupa penghijauan ini harus dilakukan oleh semua pihak demi menjaga kelestarian alam. Namun lebih lanjut H Saiful Arifin berpesan agar kegiatan ini tidak hanya berupa ceremonial belaka, tetapi harus ada tindak lanjut berupa pemeliharaan tanaman hingga dewasa dan benar-benar memperoleh hasil sebagai pohon peneduh atau penghasil buah-buahan.

Peran serta berbagai lapisan masyarakat diperlukan untuk menjaga tanaman yang ditanam kali ini agar tetap lestari. Untuk itu dalam mengakhiri sambutan beliau mengajak adik-adik generasi muda khususnya anggota pramuka desa Sukoharjo agar secara berkala melakukan monitoring terhadap tanaman agar sesuai dengan tujuan awal yaitu melestarikan lingkungan.

Sedangkan menurut Sauji selaku ketua Karang Taruna desa Sukoharjo menyampaikan bahwa jumlah tanaman yang akan ditanam musim ini di lokasi kawasan penghijauan jalur Alas Lamin sebanyak 2.300 pohon, namun pada kegiatan hari ini hanya sebagian yang bisa ditanam mengingat waktu dan curah hujan di wilayah tersebut yang hingga kini belum maksimal. Lebih lanjut Sauji menyampaikan pada jalur penghijauan Alas Lamin memerlukan sekitar 10.000 batang bibit tanaman, untuk itu secara bertahap pihaknya akan meneruskan kegiatan penghijauan pada musim tanam berikutnya. (Andik).

Published by

Categorised in:

No comment for Karang Taruna Desa Sukoharjo – Wedarijaksa Kab Pati Lakukan Gerakan Penghijauan di Jalur Alas Lamin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *