Wednesday, 17-07-2024 12:45:34 pm
Home » Daerah » Uncategorized » Team Reaksi Cepat (TRC) TNI – POLRI, Koramil dan Polsek Gabus Turunkan Personil Bantu Warga Desa Soko Perbaiki Tanggul Yang Jebol

Team Reaksi Cepat (TRC) TNI – POLRI, Koramil dan Polsek Gabus Turunkan Personil Bantu Warga Desa Soko Perbaiki Tanggul Yang Jebol

(268 Views) November 30, 2021 10:19 am | Published by | No comment

Suarapatinews. Pati – Hujan yang mengguyur wilayah kab. Pati beberapa hari menjadi persoalan di setiap musim penghujan atau MT 1 yang mengakibatkan beberapa wilayah mengalami banjir musiman, tidak luput di kecamatan Gabus di beberapa desa turut terdampak seperti halnya desa Soko, desa Koripan, desa Tanjang, desa Banjarsari dan lainnya, selasa tgl (30/11/21).

 

Team Reaksi Cepat (TRC) TNI – POLRI giat bersama warga perbaiki tanggul yang jebol di desa Soko.



 

 

 

Hal inilah yang mengakibatkan luapan air hingga mengakibatkan tanggul yang jebol beberapa waktu yang lalu, dan parahnya air bah dari sungai menggenangi sawah yang sudah masa tanam hampir satu bulan ini tergenangi luapan air dari sungai Gono yang jebol.

 

 

Permasalah ini hampir muncul setiap tahunnya, bahkan normalisasi sungai Gono pun sudah dikerjakan pada awal bulan juni kemarin, namun aliran sungai yang menuju ke hulu pun belum cukup untuk mengalirkan arus sungai yang deras menuju ke sungai DAS Silugonggo.

 

 

Keadaan inilah yang mengakibatkan puluhan hektar sawah tergenang cukup parah, antisipasi ini segera ditangani oleh team reaksi cepat (TRC) dari tim gabungan TNI – POLRI yaitu dari jajaran Polsek Gabus juga dari Babinsa Koramil Gabus sendiri bersama warga dan masyarakat desa Soko.

 

 

Kerja bakti bersama warga ini sudah terjalin lama setiap penghujung tahun, sifat kegotong royongan inilah yang menjadi dasar saling bersinergi bahu membahu bersama manunggal TNI – POLRI.

 

 

Hadir dalam kegiatan tersebut Kades desa Soko Eki Fitriyanto beserta perangkat desa, Polsek Gabus sebanyak 5 (lima) personil yang dipimpin oleh Kanit Samapta IPDA Edy Siswoyo, S.H., M.Si, dari Koramil Gabus sebanyak 7 (tujuh) personil, juga Bhabinkamtibmas desa Soko Bripka Sugiharto, Babinsa Desa Soko Serda Susanto, BBWS Pemali – Juwana sebanyak 20 (Dua puluh) orang dari PSDA Seluna sebanyak 20 (Dua puluh) orang dan Masyarakat desa Soko kec. Gabus Pati.

 

 

Bahwa jebolnya tanggul di desa Soko kec. Gabus Kab. Pati disebabkan oleh tanggul yang tidak mampu menahan derasnya aliran air di sungai Gono, antisipasi ini terus dilakukan agar tidak terulang kembali dengan material bambu, pasir dan lainnya, agar dapat menahan 4 tanggul sungai tersebut.

 

 

Perbaikan 4 titik tanggul yang jebol akan terus dilaksanakan secara bertahap mengingat jangkauan lokasi yang jauh dari material, mengingat musim hujan sudah mulai tiba. Dengan harapan lahan sawah yang tergenang ketinggian hampir mencapai 20cm – 30cm dapat surut kembali. (Hadi)

Published by

Categorised in:

No comment for Team Reaksi Cepat (TRC) TNI – POLRI, Koramil dan Polsek Gabus Turunkan Personil Bantu Warga Desa Soko Perbaiki Tanggul Yang Jebol

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *