Thursday, 18-04-2024 08:22:41 pm
Home » Daerah » Kesiapan Nataru, Bupati Pati Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Candi 2021

Kesiapan Nataru, Bupati Pati Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Candi 2021

(302 Views) December 23, 2021 11:30 am | Published by | No comment

Suarapatinews. Pati-Bupati Pati Haryanto pimpin apel gelar pasukan Operasi Lilin Candi 2021 di halaman Mapolres Pati, Dihadapan peserta apel, Bupati bacakan amanat Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo,M.Si. Kamis (23/12/2021).

Dalam amanat Kapolri tersebut, Bupati Pati Haryanto mengatakan, apel gelar pasukan ini dilakssanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan operasi “Lilin 2021” dalam rangka pengamanan perayaan Natal 2021 dan tahun baru 2022, baik pada aspek personel maupun sarana prasarana serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda dan mitra kamtibmas lainya.



Bupati menyebut, jika apel gelar pasukan pengamanan ini dilakukan dengan tujuan untuk memberikan kenyamanan kepada masyarakat yang merayakan natal dan tahun baru.
“Perayaan Natal tadi disampaikan di tempat-tempat ibadah sedangkan Tahun Baru kan biasanya di tempat wisata maupun tempat berkumpul. Namun perlu diketahui bahwa kita ini tetap mentaati protokol kesehatan,” sebutnya.

Oleh karena itu, Lanjut Haryanto, dengan diterjunkannya Operasi Lilin 2021 yang dimulai pada 24 Desember 2021, bertujuan untuk mencegah dan mengantisipasi terjadinya gangguan kamtibmas serta hal-hal yang tidak diinginkan.

“Seyogyanya, karena ini semuanya kan tetep protokol kesehatan. Boleh merayakan Natal tapi ada aturannya. Inbup PPKM, kita kan masih Level 2. Sebaiknya merayakan di rumah, beribadah dirumah juga boleh, kemudian merayakan Tahun Baru di rumah bersama keluarga juga boleh. Karena ada tempat-tempat tertentu kita tutup. Alun-alun kita tutup, kemudian kita batasi. Tempat-tempat wissata juga kita batasi,“ ucap Haryanto saat diwawancarai.

Berdasarkan hal itu, Polri menyelenggarakan Operasi Lilin 2021 yang akan dilaksanakan selama 10 hari. Terhitung mulai tanggal 24 Desember 2021 sampai dengan 2 januari 2022 dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif secara humanis, serta penegakan hukum secara tegas dan profesional.

Di Kabupaten Pati, sedikitnya ada 700 personel gabungan dari unsur TNI, Polri, Pemerintah Daerah meliputi Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan Kabupaten Pati serta unsur terkait yang dilibatkan dalam pengamanan perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022. (Stn)

Published by

Categorised in:

No comment for Kesiapan Nataru, Bupati Pati Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Candi 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *