Tuesday, 17-05-2022 10:43:06 am
Home » Daerah » Pemdes Sukoharjo Sosialisasikan Program Strategis Pertanahan Terkait PTSL

Pemdes Sukoharjo Sosialisasikan Program Strategis Pertanahan Terkait PTSL

(103 Views) February 5, 2022 3:33 am | Published by | No comment

Suarapatinews. Pati-Pemerintah Desa Sukoharjo, Margorejo menggelar sosialisasi Program Strategis tentang Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) kepada warganya di Aula Balaidesa setempat pada Jumat (4/2/2022).

Kades Sukoharjo Harsono menyatakan pemerintah berkomitmen dalam hal ini Kementerian ATR/BPN melaksanakan legislasi bidang tanah dalam rangka memberi kepastian hukum atas sertifikat tanah milik masyarakat.



Selain itu, kata dia program strategis PTSL ini secara antusias disambut masyarakat. Lantaran dengan program ini, tanah milik masyarakat mendapat sertifikat dengan biaya yang cukup terjangkau bagi kantong.

“Program PTSL ini masyarakat antusias, karena bisa terbantu dan ditunggu sertifikat yang (biayanya) terjangkau serta murah,” ujar Harsono.

Dia menjelaskan, di Desa Sukoharjo masih cukup banyak tanah dengan status letter C atau D. Oleh karenanya, PTSL diharapkan dapat berjalan lancar dan dapat menyelesaikan problematika pertanahan di antara warga.

Terlebih, PTSL mempunyai keunggulan yakni dengan ketentuan biaya yang sedikit, cepat dan sistematis bisa membantu perekonomian masyarakat.

Namun, ia mengaku untuk kali ini belum mampu menjangkau seluruh tanah di desa setempat untuk di sertifikatkan.

“500 bidang untuk saat ini, mungkin kelanjutannya di tahap-tahap berikutnya. Jadi kita tetap akan up date dengan BPN terkait program PTSL ini, baik tahap 1, 2, 3 dan seterusnya,” jelasnya.

Harsono menambahkan, lantaran di tahap awal di tahun 2022 ini terbilang masih cukup sedikit, maka tentu Pemdes akan mengusulkan lagi secara bertahap.

Sehingga objek tanah bisa tersertifikat semua. Karena di Sukoharjo masih banyak lahan yang perlu disertifikatkan, (Stn)

Published by

Categorised in:

No comment for Pemdes Sukoharjo Sosialisasikan Program Strategis Pertanahan Terkait PTSL

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *