Saturday, 03-12-2022 08:02:49 am
Home » Daerah » Koramil 18/Winong Gelar Pencanangan Kampung Pancasila di Desa Pekalongan Winong Kab. Pati

Koramil 18/Winong Gelar Pencanangan Kampung Pancasila di Desa Pekalongan Winong Kab. Pati

(155 Views) May 31, 2022 8:35 am | Published by | No comment

Suarapatinews. Pati – Jajaran Koramil 18/Winong laksanakan giat sosialisasi pembentukan kampung Pancasila sebagai wujud kesaktian Pancasila yang lahir tgl 1 Juni, kegiatan ini dipusatkan di gedung BumDes Kencana Mandiri desa Pekalongan kec. Winong Pati, selasa tgl (31/05/22).

Desa Pekalongan resmi dicanangkan sebagai kampung Pancasila.

 



Koramil 18/Winong gelar Pencanangan Kampung Pancasila di gedung pertemuan BumDes Pekalongan kab. Pati. Diiringi dengan musik keroncong KaKaDe, kesenian lokal tari gambyong dari kearifan lokal desa Pekalongan sendra tari sebagai keluhuran dan kearifan lokal seni dan budaya leluhur yang ada.

 

Hadir dalam kegiatan tersebut adalah Danramil Kapten Chb Wasis, Camat Tikno, STP, kapolsek AKP Purwito, kepala desa Pekalongan Ukhwatur Roi, SPdi beserta jajaran perangkat, Toda, Toga dan Tomas dan Babinsa, adik adik MTs Pekalongan, SMK Al Fallah Winong, karang taruna Laskar Wulung dan juga para tamu undangan.

 

Juga ada pasar rakyat dengan jajanan khas tradisional, juga stand (fkd) forum kesehatan desa, stand (SSB) putra kencana sekolah sepak bola U 6 – U 14 yang dikelola oleh ketua karang taruna Syaiful Abrori, S.GEO, stand BumDes, juga ada stand kuliner atau pasar rakyat.

 

Sambutan kades Ukhwatur Roi mengatakan bahwa pencanangan kampung Pancasila merupakan berkah tersendiri bagi warga Pekalongan dan pemdes Pekalongan sangat mendukung adanya kampung Pancasila. Adanya kampung Pancasila ini agar warga desa dapat melaksanakan nilai nilai luhur dari pada secara utuh yang tercantum dalam falsafah Pancasila, atas ridho Allah SWT atas peresmian kampung Pancasila di desa Pekalongan ini, dan acara pasar rakyat ini berlanjut hingga malam nanti dalam acara tirakatan di Kencana Resto & Garden untuk menyambut hari kesaktian Pancasila,” ujar kades Ukhwatur Roi, SPdi.

 

Juga apa yang disampaikan Bupati Pati atau yang mewakili dari Sekretaris Kebagpolimas Rinda Ardiani, S.Sos bahwa kami menyambut baik atas pencanangan kampung Pancasila, sangat penting arti dari Pancasila merupakan toleransi bagi warga masyarakat, pemuda pemudi supaya lebih mengenal dan melaksanakan sila sila pancasila, selain itu juga dapat mempererat keutuhan Bangsa. Bahwa Pancasila mampu mencerdaskan rakyat Indonesia melalui nilai nilai spiritual dan yang utama untuk generasi muda dapat mengimplementasi nilai nilai yang terkandung dalam Pancasila, sebagai generasi penerus bangsa. Selain itu Pancasila sebagai dasar negara dan falsafah hidup, dapat mempersatukan bangsa sebagaimana kita jalankan untuk pedoman hidup sehari hari,” terangnya.

 

Kegiatan pencanangan kampung Pancasila diawali dengan pengenalan salam Pancasila oleh Danrami 18/Winong Kapten Chb Wasis. Pancasila sebagai monumen dan tonggak sejarah yang akan bergema dihati seluruh warga dan masyarakat desa Pekalongan Pati.

 

Dan spirit (salam) Pancasila dapat memberikan semangat kebangsaan yang mana Danramil 18/Winong Kapten Chb Wasis beliau menyatakan bahwa acara ini terselenggara berkat dukungan seluruh muspika, warga dan masyarakat Pekalongan “Semangat nilai-nilai luhur dalam Pancasila harus dijalankan dalam kehidupan sehari hari sebagai pedoman hidup, mulai dari lingkup terkecil yaitu musyawarah dilanjutkan kelingkungan masyarakat seperti gotong royong sehingga tercipta kehidupan yang harmonis, bermasyarkat, berbangsa dan bernegara,” sambungnya.

 

Dan pembacakan amanat dari Dandim Pati oleh Danramil 18/Winong bahwa Kodim 0718 Pati mengucapkan banyak terimakasih kepada stakeholder dan semua unstasi terkait untuk mendukung terbentuknya kampung Pancasila, kami merasa terpanggil atas turunnya degradasi saat ini, dan kami mendukung atas pencanangan kampung Pancasila di kec. Winong. Dan dapat untuk menjalankan nilai nilai luhur yang terkandung dalam falsafah Pancasila, dan yang terpenting mengimplementasikan dari pada wujud keluhuran pada Pancasila itu sendiri.

Berbagai stand yang ada di pasar rakyat BumDes Cangkrung Kencana Mandiri.

 

Yang terakhir dengan dibacakan Sila Pancasila oleh Danramil 18/ Winong Kapten Chb Wasis, yang ditirukan oleh seluruh hadirin yang hadir,” tandas Danramil. (Rendra)

Published by

Categorised in: ,

No comment for Koramil 18/Winong Gelar Pencanangan Kampung Pancasila di Desa Pekalongan Winong Kab. Pati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *