Tuesday, 16-07-2024 08:25:58 pm
Home » Kabar Desa » Pemuda Arjuna Duplak Lestarikan Budaya Kirab Tumpeng

Pemuda Arjuna Duplak Lestarikan Budaya Kirab Tumpeng

(294 Views) April 29, 2023 1:07 pm | Published by | No comment

Suarapatinews.com – Jepara. Kelompok pemuda yang mengatasnamakan “Arjuna” Yang berada di dukuh Duplak desa Tempur kecamatan Keling – Jepara melaksanakan tradisi Kirab Tumpeng 2023 dengan mengusung tema “Mengangkat Budaya dari Pelosok Desa” pada hari Sabtu, (29/4/2023).

Pemotongan tumpeng di kompleks petilasan Mbah Srobyong

 



Hadir pada acara tersebut Sekertaris Camat kecamatan Keling Lulut Andi Ariyanto, ST, Ketua BPD desa Tempur Kiswantoro, perangkat desa Tempur, tokoh pemuda, dan ratusan warga dukuh Duplak desa Tempur (RW: 06).

Prosesi Kirab Tumpeng 2023

Dalam sambutanya ketua pemuda Arjuna Ahmad Saifudin selaku ketua penyelenggar kirab tumpeng menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutin yang dirayakan semenjak tahun 2013 lalu yaitu tujuh hari setelah perayaan hari raya Idul Fitri dengan tujuan melakukan doa dan makan bersama sebagai ungapan rasa syukur atas karunia Allah SWT setelah menjalankan ibadah bulan Ramadhan satu bulan penuh.

 

Lebih lanjut Ahmad Saifudin mengungkapan rasa terimakasih kepada semua pihak terutama pemerintah Desa atas dukungan yang diberikan sehingga acara Kirab Tumpeng tahun ini dapat terlaksana dengan baik. Pihaknya juga mengajak kepada masyarakat dukuh Duplak terutama generasi muda agar dapat bersinergi untuk membangun desa demi kemajuan dan kesejahteraan bersama.

 

Sementara Kiswantoro selalu Ketua BPD desa Tempur dalam sambutanya menyampaikan kepada pemuda Arjuna dukuh Duplak agar kegiatan nguri-uri kebudayaan seperti halnya Kirab Tumpeng ini dapat terus dilaksanakan dan ditingkatkan setiap tahunnya.

 

Selain itu sambung Kiswantoro pihaknya mengajak seluruh masyarakat dukuh Duplak untuk berperan aktif dalam meningkatkan sektor wisata yang meliputi wisata alam dan budaya yang berada di dukuh Duplak untuk mendongkrak ekonomi masyarakat di dalamnya. Hal tersebut dikarenakan dukuh Duplak merupakan icon wisata yang ada di desa Tempur, pasalnya di dukuh Duplak terdapat beberapa detinasi wisata diantaranya adalah Candi Angin, Sumur Watu, Bukit Bejangan, dan lain sebagainya.

 

Mengakhiri sambutanya Kiswantoro atas nama BPD akan mendukung kegiatan – kegiatan pemuda yang positif sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya, diantaranya melalui rakor tingkat desa yang berkaitan dengan anggaran dan lain sebagainya guna mendukung kegiatan pemuda khusunya yang ada di dukuh Duplak.

 

Adapun peserta kirab tumpeng yang terlibat secara berurutan meliputi grup tari tradisional, kelompok makanan tradisional (tumpeng, ketupat, lepet, dan lain sebagainya) yang syarat arti dan makna, grup terbangan, pemerintah Desa, dan tamu undangan.

 

Kirab berakhir di petilasan mbah Srobyong dengan diisi doa bersama yang dipimpin oleh Kaur Kesra desa Tempur Sanusi Anwar dan dilanjutkan ramah tamah dan makan bersama yang diharapkan memperoleh berkah dan menjalin kerumunan bersama, (Andik).

Published by

Categorised in:

No comment for Pemuda Arjuna Duplak Lestarikan Budaya Kirab Tumpeng

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *