Monday, 20-05-2024 02:48:04 pm
Home » Daerah » Uncategorized » Geger Geden Warga Desa Lahar Kecamatan Tlogowungu Demo Adanya Galian C

Geger Geden Warga Desa Lahar Kecamatan Tlogowungu Demo Adanya Galian C

(282 Views) May 12, 2023 5:26 pm | Published by | No comment

Suarapatinews. Pati – Tambang galian C yang terletak di Desa Sumbermulyo dan Lahar Kecamatan Tlogowungu Kabupaten Pati rame rame di datangi warga dan pemuda Desa setempat di duga atas kesalahan terhadap pengelolaan kontribusi yang di berikan oleh pengelola tambang, Jumat (12/5/2023).

Sebagai mana tertuang didalam surat pernyataan yang di buat oleh pengelola tambang, adapun nilai dari kontribusi tersebut di peruntukan bagi dua desa yakni Desa Sumbermulyo dan Desa Lahar masing-masing Desa mendapatkan kontribusi dari pengelola tambang sebesar Rp. 5000.



Akan tetapi dari bagian kontribusi yang masuk ke Desa Lahar oleh masyarakat setempat dianggap kurang transparan dan dinilai tidak jelas dari sistem pengelolaannya karena rincian penggunaanya tidak pernah di umumkan secara transparan di masyarakat.

 

“Dari nilai lima ribu rupiah per dump truk tersebut bagaimana penggelolaanya dan siapa saja pengurusnya dan bagaimana laporan pertanggungjawabanya, Ucap Aan salah satu tokoh masyarakat Desa setempat, dalam rapat mediasi dihadiri oleh segenap jajaran Forkopincam Tlogowungu.

 

Menanggapi hal tersebut, Kepala Desa Lahar H. Sarwanto S.Pd.I juga menyebut jika nilai dari kontribusi yang masuk ke Desa Lahar sudah dikelola dengan baik oleh pengurusnya, sehingga dalam waktu dekat pihaknya berjanji akan menyampaikan kepada masyarakat umum terkait rincian, penggunaan serta sisa saldo yang masih ada.

 

“Untuk yang dilapangan Rp 1250.- sebagian lagi untuk lingkungan dan sisanya juga masih di pegang oleh pengurusnya selain itu rencananya juga akan dipakai untuk pembangunan pengaspalan tapi dananya belum cukup, Ucap Sarwanto saat menjawab pertanyaan dari perwakilan tokoh masyarakat.

 

Dengan pemahaman yang diberikan oleh Aan yang merupakan tokoh masyarakat setempat, serta dibantu dari jajaran Polsek Tlogowungu dan Anggota Koramil Tlogowungu akhirnya puluhan warga masyarakat tersebut tidak memasang portal besi namun hanya memasang banner yang bertuliskan “Masyarakat Desa Lahar Menolak Tambang Galian C”.

 

Sementara itu salah satu Tokoh Masyarakat Desa Sumbermulyo Mbah Ruslan, saat di konfirmasi awak media mengatakan tentang rencana yang dilakukan oleh Masyarakat Desa Lahar untuk menutup akses jalan menuju ke lokasi tambang dinilai kurang tepat pasalnya jalan tersebut fasilitas umum untuk menunjang mobilitas hasil pertanian yang ada di Desa Sumbermulyo.

 

“Lanjut Ruslan kalau saat ini tiba-tiba ada warga masyarakat dari Desa lain ingin menutup akses jalan tersebut lalu dasar administrasinya seperti apa kalaupun hanya dilatarbelakangi oleh kekecewaan atas penggelolaan kontribusi dari penggelola tambang galian C, ya seharusnya bisa diselesaikan secara musyawarah di tingkat desa.

 

Karena jalan itu berfungsi untuk fasilitas umum khususnya bagi para petani yang hendak mengangkut hasil pertanianya, terlepas dari adanya aktivitas tambang galian C kemudian masyarakat dari desa lain juga tidak bisa secara sepihak untuk melakukan penutupan jalan tersebut, (Stn/red)

 

Published by

Categorised in:

No comment for Geger Geden Warga Desa Lahar Kecamatan Tlogowungu Demo Adanya Galian C

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *