Monday, 20-05-2024 04:11:41 pm
Home » Daerah » Uncategorized » Giat Membersihkan Candi Kayen Bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bersama Komunitas

Giat Membersihkan Candi Kayen Bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bersama Komunitas

(124 Views) June 20, 2023 11:56 am | Published by | No comment

Suarapatinews.com РPati. Kerja bakti membersihkan struktur Candi Kayen tengah dilakukan tim dari dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Pati bersama komunitas Forum Komunikasi Peduli Cagar Budaya Muria pada Selasa, (20/6/2023).

Kerja Bakti Membersihkan Candi Kayen

 



Akibat banjir yang menerjang lokasi Candi Kayen yang terletak di desa Kayen Kecamatan Kayen – Pati beberapa waktu lalu menyisakan lumpur yang menutupi sebagian struktur Candi, maka dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Pati bersama komunitas melakukan perawatan dengan cara membersihkan struktur Candi tersebut dari lumpur yang menempel.

 

Hadir dalam kegiatan tersebut Trevita Puspita Hadi, SE, MM selaku Pamong Budaya Ahli Muda Bidang Kebudayaan dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Pati beserta tim dengan diikuti beberapa anggota komunitas Forum Peduli Cagar Budaya Muria.

 

Kegiatan dilakukan dengan cara membersihkan lumpur yang menempel di struktur candi dan membersihkan selokan dengan tujuan struktur bangunan Candi kembali bersih dan memperlancar aliran air jika turun hujan nanti.

 

Pada kegiatan tersebut juga dilakukan identifikasi kerusakan yang ada di bangunan sekitar Candi diantaranya ditemukannya atap bangun pelindung candi yang pecah beberapa lembar.

 

Untuk mengantisipasi hal tersebut Nur Rahmad selaku ketua yayasan Bumi Miyono yang membawahi situs Jati Kembar dan Candi Kayen yang juga hadir dalam kegiatan tersebut, telah melayangkan proposal untuk perbaikan kerusakan – kerusakan yang ada di Candi Kayen kepada dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Pati.

 

Dalam waktu dekat menurut Trevita Puspita Hadi, SE, MM perbaikan kerusakan yang ada di Candi Kayen akan segera diperbaiki dengan menggunakan anggaran perubahan dari dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Pati, sehingga sebelum musim penghujan diharapkan perbaikan sudah selesai yang bertujuan agar bagunan Candi tidak rusak terkena air hujan, (red).

 

Published by

Categorised in:

No comment for Giat Membersihkan Candi Kayen Bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bersama Komunitas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *