Wednesday, 29-05-2024 11:42:04 pm
Home » Daerah » Uncategorized » Loloh Sumber Tradisi Sedekah Bumi Apitan Desa Kedungwinong

Loloh Sumber Tradisi Sedekah Bumi Apitan Desa Kedungwinong

(288 Views) June 8, 2023 9:56 pm | Published by | No comment

Suarapatinews.com-Pati. Merupakan sebuah tradisi sedekah bumi, sebagai wujud rasa syukur masyarakat kepada Allah SWT atas limpahan rejeki (hasil Panen) dan kesehatan yang telah dilimpahkanya.

Tradisi Sedekah Bumi Desa Kedungwinong (Loloh Sumber) 

Tradisi ini sudah turun temurun, sejak orang orang tua dahulu. Apitan dilaksanakan pada hari Rabu (yang sudah ditentukan), untuk tahun ini dilaksanakan pada Rabu Wage tanggal 18 bulan Apit (penanggalan jawa) bertepatan 7 Juni 2023.



Malam sebelum Prosesi, diadakan Tawasulan dengan Membaca Manaqibnya Syeh Abdul Qodir Jaelani. Paginya, warga berbondong-bondong datang ke Sumber (Read, Sinder Joyo Tulung) dengan membawa nasi tumpeng dan ingkung (semacam masakan dari ayam kampung utuh). Kemudian oleh sesepuh desa, nasi tersebut didoakan setelah itu dimakan bersama.

Sekitar pukul 09.00 WIB Sesepuh setempat (yang ditunjuk) memasukkan “Pincukan” yang berisi Nasi, potongan bagian ingkung, Hati Kerbau yang disembelih, kedalam mata air Sumber dengan cara diinjak oleh dua orang warga. Namun menariknya, isi pincukan tersebut tidak menyembul ke atas. Tapi menurut masyarakat setempat , ketika ingkung yang dimasukkan itu berasa asin, maka ingkung itu akan menyembul kembali kepermukaan.

Semoga dengan Sedekah (Shodaqoh) ini, menjadikan masyarakat yang aman, damai, gemah ripah loh jinawi dan keberkahan. Amiin

Komplek Sumber “Sinder Joyo Tulung”
Dukoh Pacul, Kedungwinong
Rabu, 7 Juni 2023, (red).

Published by

Categorised in:

No comment for Loloh Sumber Tradisi Sedekah Bumi Apitan Desa Kedungwinong

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *