Monday, 20-05-2024 04:33:56 pm
Home » Daerah » Armada Damkar Butuh Pembaharuan 

Armada Damkar Butuh Pembaharuan 

(239 Views) November 9, 2023 10:02 am | Published by | No comment

 

PATI, Suarapatinews – Pemadam Kebakaran (Damkar) Pati mengakui, jika unit armada mereka saat ini sangat terbatas bahkan tergolong berusia sangat tua. Pasalnya, dari 9 unit mobil pemadam yang dimiliki Damkar Pati ada yang buatan tahun 1981.

 



Wahyu Widiatmoko selaku Kepala Seksi (Kasi) Damkar Pati menerangkan, kendaraan mereka yang sudah berusia uzur tersebut seharusnya sudah mendapatkan perawatan ekstra supaya bisa dipergunakan secara maksimal.

 

Bahkan mirisnya lagi, dari 9 armada yang dimiliki oleh Damkar hanya 4 yang bisa dioperasionalkan, sedangkan 5 lainnya terbengkalai begitu saja.

 

“9 unit armada truk damkar yang bisa digunakan hanya 4 unit alasannya karena yang lain usianya sudah cukup tua dan butuh peremajaan dan perawatan secara serius. Karena diketahui mobil itu buatan tahun 1981, 1983, 1997. Itukan sudah termasuk kurang memenuhi persyaratan,” ujarnya Rabu (8/11).

 

Wahyu menginginkan, jika memang Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati tidak bisa menambah unit mobil Damkar baru, setidaknya ada anggaran khusus untuk perawatan mobil yang sudah terlampau tua tersebut.

 

Ia mengungkapkan, untuk peremajaan mobil Damkar yang sudah tua ini diperkirakan membutuhkan anggaran dana sekitar Rp 20-30 juta per mobilnya.

 

Dengan anggaran itu dipastikannya mobil Damkar Pati yang terbengkalai tersebut bisa kembali dipergunakan secara maksimal untuk memadamkan kebakaran.

 

Sayangnya, dikatakan Wahyu jika Pemkab Pati tidak pernah memberikan anggaran sebesar itu kepada pihak Damkar selama ini untuk peremajaan dan perawatan kendaraan.

 

“Untuk anggaran peremajaan unit yang tidak terpakai kami hanya pelaksana dan tidak punya kewenangan disana. Kalau biaya peremajaan itu lebih murah dari pada pengadaan unit baru, estimasi anggaran yang dibutuhkan Rp 20-30 juta, ” pungkasnya. (Ian)

Published by

Categorised in:

No comment for Armada Damkar Butuh Pembaharuan 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *