Wednesday, 17-07-2024 01:17:20 pm
Home » Daerah » Selain Pupuk dan Bansos, Petani Tembakau di Pati Bakal Terima Bantuan Alat Perajah

Selain Pupuk dan Bansos, Petani Tembakau di Pati Bakal Terima Bantuan Alat Perajah

(140 Views) November 24, 2023 5:45 am | Published by | No comment

PATI, Suara Patinews – Ratusan petani tembakau yang ada di Kabupaten Pati bakal menerima bantuan alat perajah tembakau dari Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertan) melalui Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT).

 



Kepala Bidang (Kabid) Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertan) Pati Sugiharto saat dikonfirmasi pada Jumat 24 November 2023, bahwa dalam waktu dekat para petani tembakau bakal segera mendapatkan bantuan berupa alat perajah tembakau.

 

Sugiharto mengungkapkan, bantuan alat perajah ini bersumber dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) tahun anggaran 2023. Nantinya alat ini akan diberikan secara langsung kepada petani tembakau yang ada di Kabupaten Pati.

 

Paling lambat, bantuan ini akan diberi di Bulan Desember atau sebelum tahun anggaran baru.

 

“Nanti ada bantuan untuk alat perajah tembakau. Sudah kami sampaikan ke petani melalui kelompok tani dari DBHCHT,” ungkapnya.

 

Dikatakan, nantinya bakal ada ratusan petani yang menerima bantuan ini. Sugiharto menambahkan, saat ini ada ribuan hektar lahan tembakau di Kabupaten Pati yang tersebar di lima kecamatan, yaitu Batangan, Jaken, Jakenan, Pucakwangi, dan Winong.

 

Kalau datanya saya lupa, yang jelas ada ratusan petani yang menerima. Luasnya ada 380-an hektar, jadi jumlah petaninya tidak mungkin sampai ribuan

 

Sebelumnya, melalui DBHCHT ini juga ratusan petani tembakau juga telah menerima bantuan sosial (bansos) dan juga pupuk untuk tanaman tembakau.

 

Sugiharto menambahkan, pemberian bantuan ini sebagai bentuk kepedulian dari pemerintah terhadap petani tembakau yang telah berkontribusi dalam memberikan sumbangsih DBHCHT.

 

Dana DBHCHT sebagian tahun ini sudah disalurkan. Ada bantuan pupuk dan Bansos. Kalau yang pupuk sudah disalurkan pertengahan tahun ini. Untuk yang alat perajah kemungkinan Desember,” imbuhnya.

 

Lebih lanjut, bantuan ini nantinya akan menyasar ke petani yang belum menerima bantuan sebelumnya.

 

Karena DBHCHT ada setiap tahunnya, pihaknya memastikan setiap tahun para petani tembakau di Kabupaten Pati akan menerima manfaat dari DBHCHT.

 

“Jadi yang kemarin belum menerima, ini akan diprioritaskan. Karena dana DBHCHT ini memang tidak hanya dari kabupaten, tapi juga dari provinsi. Ini relatif merat ke semua petani tembakau,” tandasnya. (red)

Published by

Categorised in: ,

No comment for Selain Pupuk dan Bansos, Petani Tembakau di Pati Bakal Terima Bantuan Alat Perajah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *