Monday, 20-05-2024 04:41:08 pm
Home » Daerah » Soal Alsintan, Kades Sebut Tak Pernah Ada Sosialisasi

Soal Alsintan, Kades Sebut Tak Pernah Ada Sosialisasi

(169 Views) November 14, 2023 5:22 am | Published by | No comment

 

Suara Pati News. Pati – Puluhan Alat Mesin Pertanian atau Alsintan yang mangkrak di Kantor Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan/Kabupaten Pati ternyata belum pernah dilakukan sosialisasi oleh Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertan). Hal ini disampaikan oleh Kepala Desa Degan, Kecamatan Winong, Sumijan pada Senin (13/11).



 

Ia justru tidak mengetahui jika Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati melalui Dispertan mendapatkan bantuan puluhan Alsintan dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) yang ternyata bisa dipinjam oleh masyarakat khususnya para petani.

 

Bahkan, selama kepemimpinannya sebagai seorang kades. Pihaknya tidak pernah diberi sosialisasi oleh Dispertan terkait adanya peminjaman puluhan Alsintan seperti alat selep padi hingga traktor.

 

“Selama kepemimpinan saya sebagai Kades selama kurang lebih 3 tahun, saya tidak pernah mendengar ada bantuan itu (Alsintan) yang ternyata bisa dipinjam. Kalau sosialisasi juga belum pernah ada,” ucap Sumijan.

 

Terkait bantuan alat-alat dari pemerintah, kata dia, selama ini yang pernah diberikan sosialisasi adalah alat berat dari Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Jawa Tengah berupa alat ekskavator.

 

“Kalau sosialisasi bantuan alat, yang sudah ada itu alat berat untuk normalisasi sungai. Alsintan belum pernah,” imbuhnya.

 

Jikapun benar ada Alsintan yang bisa dipinjam, Sumijan selaku Kades tentu akan terbuka lebar dan memberi kesempatan bagi warganya yang mayoritas petani untuk memanfaatkan Alsintan tersebut. Hal ini dikarenakan selama ini petani di desanya menyewa Alsintan secara pribadi dari para pemilik Alsintan.

 

Pernyataan ini tentu berbeda 180 derajat dengan apa yang disampaikan oleh Kepala Dispertan Pati, Niken Tri Meiningrum. Niken mengatakan, bahwa terkait Alsintan selama ini pihaknya sudah melakukan sosialisasi.

 

Hanya saja memang, kendala dari Dispertan adalah Alsintan tersebut merupakan milik Pemprov Jateng, sehingga memerlukan kolaborasi yang cukup rumit terkait peminjaman.

 

“Sudah. Sudah ada beberapa kelompok tani yang meminjam brigade alsintan tersebut.

Alsintan tersebut milik Dinas Provinsi,” sambung Niken.

 

Berdasarkan pantauan, terlihat puluhan Alsintan yang Mangkrak di Kantor BPP Pati masih sangat bagus dan seperti belum pernah digunakan. Juga tertulis tahun pembuatan 2019, yang menandakan Alsintan tersebut tidak digunakan selama hampir 5 tahun. (Red).

Published by

Categorised in:

No comment for Soal Alsintan, Kades Sebut Tak Pernah Ada Sosialisasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *