Thursday, 30-05-2024 01:35:29 am
Home » Daerah » Apel Gabungan Kesiapsiagaan Pengamanan Pemilu Tahun 2024 Di Wilayah Kabupaten Pati

Apel Gabungan Kesiapsiagaan Pengamanan Pemilu Tahun 2024 Di Wilayah Kabupaten Pati

(75 Views) January 17, 2024 9:58 am | Published by | No comment

Suarapatinews. PATI –┬áJajaran Kodam IV/Diponegoro menggelar apel kesiapsiagaan pengamanan Pemilu tahun 2024 secara serentak di seluruh wilayah Kodam IV/Diponegoro yang meliputi Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, Rabu (17/01/2024).

 



Di wilayah kabupaten Pati, kegiatan apel dipusatkan di markas Kompi Senapan C Yonif 410/Alugoro Pati, dihadiri oleh Brigadir Jenderal TNI Bambang Sujarwo, S.H., M.Sos., M.M
Kapok Sahli Pangdam IV/Diponegoro sebagai pimpinan apel.

 

Para pejabat TNI, Polri serta Pemda yang turut hadir diantaranya Kahubdam IV/Diponegoro Kolonel Chb Ade Sofian Ristiandy, S.I.P., M.M., Kakesdam IV/Diponegoro Kolonel Ckm dr. T Armand Tobias Lazar, Sp., KJ., Kasrem 073/Makutarama Letkol Kav Indarto, Dandim 0718/Pati Letkol Inf Jon Young Saragi, S.Sos, Dandim 0716/Demak Letkol Kav Maryoto S.E., M.Si., M.M, Dandim 0719/Jepara Letkol Inf Mokhamad Husnur Rofiq, S.I.P., Dandim 0722/Kudus Letkol Inf Andreas Yudhi Wibowo, S.I.P., Kapolresta Pati Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama, S.I.K, M.H beserta Forkopimda kabupaten Pati.

 

Brigadir Jenderal TNI Bambang Sujarwo, S.H., M.Sos., M.M
Kapok Sahli Pangdam IV/Diponegoro menjabat pimpinan apel dalam kesempatan tersebut membacakan sambutan dari Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Tandyo Budi R., S.Sos.

 

Dalam amanatnya, Pangdam menyampaikan bahwa tahapan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta anggota Legislatif tentunya memiliki potensi konflik yang tinggi dan kompleks.

 

Untuk itu, guna menjamin keamanan dan kelancaran pesta demokrasi rakyat tersebut, dituntut untuk mampu bekerja sama dengan seluruh komponen bangsa untuk mewujudkan stabilitas keamanan dan kondusifitas wilayah.

 

Pangdam berpesan, tidak boleh mengesampingkan potensi konflik sekecil apapun dan harus dapat mengantisipasi agar tidak berkembang menjadi konflik besar yang dapat mengancam keutuhan bangsa.

 

“Selanjutnya, kita semua harus berpegang teguh pada integritas dan komitmen netralitas TNI, Netralitas adalah komitmen kita untuk tidak berpolitik praktis dengan mendukung salah satu calon yang saat ini sedang berkontestasi dan hal tersebut tidak bisa ditawar-tawar lagi karena menjadi kunci kepercayaan masyarakat terhadap institusi TNI,”tegas Pangdam dalam amanat tertulisnya.

 

Lebih lanjut Pangdam menyampaikan bahwa apel kesiapsiagaan pengamanan pemilu 2024 digelar secara serentak dengan melibatkan satuan dari TNI AD, TNI AU, TNI AL, Polri dan Linmas dilaksanakan 8 titik lokasi diwilayah Provinsi Jateng dan Provinsi DIY dengan jumlah total 5.610 personel, selanjutnya gelar pasukan siaga 1 peleton akan disiagakan di masing masing Kodim serta di wilayah Korem akan disiapkan 1 SSK satuan Batalyon yang stand by di satuan masing-masing.

 

Apel kesiapsiagaan pengamanan Pemilu tahun 2024 di wilayah kabupaten Pati tersebut melibatkan personel TNI dari Kodim 0716/Demak, Kodim 0718/Pati, Kodim 0719/Jepara, Kodim 0722/Kudus, Personel Brimob Pati serta Personel Polresta Pati. (Stn)

Published by

Categorised in:

No comment for Apel Gabungan Kesiapsiagaan Pengamanan Pemilu Tahun 2024 Di Wilayah Kabupaten Pati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *