Thursday, 30-05-2024 12:28:22 am
Home » Daerah » Langganan Banjir, Kades Sinomwidodo Ngaku Tak Anggarkan Dana Kebencanaan.

Langganan Banjir, Kades Sinomwidodo Ngaku Tak Anggarkan Dana Kebencanaan.

(113 Views) January 10, 2024 9:00 am | Published by | No comment

 

PATI, SUARA PATI NEWS – Desa Sinomwidodo bersama dengan Desa Angkatan Kidul dan Desa Angkatan Lor di Kecamatan Tambakromo Kabupaten Pati merupakan tiga desa yang menjadi langganan banjir bandang ketika musim hujan tiba akibat luapan Sungai Godo.



Kendati menjadi langganan bencana, Desa Sinomwidodo justru tidak menganggarkan dana kebencanaan pada tahun 2024 ini. Padahal Desa Angkatan Kidul telah mempersiapkan dana kebencanaan sebesar Rp 50 juta, sedangkan Desa Angkatan Lor sebesar Rp 24 juta.

Kepala Desa Sinomwidodo Rakimin mengaku, tidak adanya anggaran darurat kebencanaan ini dikarenakan anggaran Dana Desa (DD) tahun 2024 dialihkan untuk kegiatan yang lain. Sayangnya dirinya enggan menyebut untuk apa peruntukan dana tersebut.

Disamping itu, lanjutnya, dirinya merasa desanya selalu menjadi langganan banjir sehingga anggaran yang dikeluarkan selalu habis untuk penanganan bencana.

Padahal di tahun-tahun sebelumnya, kata Rakimin, pihak Pemerintah Desa (Pemdes) Sinomwidodo selalu mempersiapkan dana darurat bencana.

“Anggaran kami untuk yang lain, kemarin memang dianggarkan Rp 50 juta untuk membeli mesin sedot jika ada banjir. Kita anggarkan ya setiap tahun, tapi tahun ini tidak karena langganan banjir setiap tahun,” ungkap Rakimin, Rabu (10/1).

Seperti diketahui, Desa Sinomwidodo merupakan desa yang sering terdampak banjir bandang setiap tahunnya di musim penghujan. Bahkan pada akhir tahun 2022 silam, bencana banjir bandang merenggut satu korban jiwa dan ribuan warga serta ratusan rumah terdampak.

Terbaru, pada Selasa (9/1) Desa Sinomwidodo kembali dilanda banjir bandang akibat luapan Sungai Godo.

Karena tidak ada anggaran kebencanaan di tahun 2024, Rakimin berharap ada bantuan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati jika sewaktu-waktu terjadi musibah yang melanda desanya.

“Memang kemarin banjir, lokasinya ya masih sama seperti banjir sebelumnya. Kemarin saja saya sampai jam 04.00 WIB fajar membantu warga yang terdampak banjir,” tutup Rakimin. (red).

Published by

Categorised in:

No comment for Langganan Banjir, Kades Sinomwidodo Ngaku Tak Anggarkan Dana Kebencanaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *