Thursday, 30-05-2024 12:47:15 am
Home » Daerah » Warga Desa Sumbersari Sangat Terbantu Dengan Program PTSL,Begini Tanggapan Kades Ahmad Useri.

Warga Desa Sumbersari Sangat Terbantu Dengan Program PTSL,Begini Tanggapan Kades Ahmad Useri.

(137 Views) January 13, 2024 11:11 am | Published by | No comment

 

PATI, SUARA PATI NEWS – PTSL suatu program serentak yang dilaksanakan oleh pemerintah untuk memberikan jaminan kepastian hukum dan hak atas suatu tanah milik masyarakat.



 

Sebanyak 998 sertifikat PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap) dibagikan kepada warga Desa Sumbersari   penerima program PTSL yang diserahkan oleh  Badan Pertanahan Nasional (BPN) Pati bersama pemerintah desa (Pemdes)  di aula balai Desa Sumbersari Kecamatan Kayen  Kabupaten Pati, Sabtu  (13/01/2024).

 

Kepala Desa (Kades) Sumbersari Ahmad Useri  mengatakan,” Hari ini di Desa Sumbersari  dilakukan pembagian sertifikat PTSL anggaran tahun 2023 oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) Pati.

 

“Kita terima program. pada Agustus 2023, dan kita dikejar program karena tahun 2023 harus selesai, ya kita selesaikan, Alhamdulillah pada Sabtu (13/012024) ini sebanyak 998 sertifikat PTSL  selesai dibagikan kepada warga,” kata Useri.

 

“Untuk kendala, biasa kalau masalah tanah. Pemohon kita  tanya asal usul tanah, riwayat tanah, Kadang-kadang karena warisan orang tua atau dari neneknya, sementara orang tua atau neneknya sudah meninggal kesulitannya disitu. Agak lamanya mencari data dari  riwayat  tanah itu disinkronkan dengan data C desa, ” terangnya.

 

“Untuk biaya pelaksanaan, sebutnya, waktu awal sosialisasi sebelum menerima program dari BPN disepakati biaya sebesar 400 Ribu sesuai dengan SKB Tiga Menteri dan Perbup Pati.

 

“Kepada warga masyarakat Desa Sumbersari penerima sertifikat PTSL, karena sertifikat ini produk hukum sah sebuah hak atas kepemilikan tanah milik masyarakat, agar disimpan dengan baik biar bisa mengurangi konflik di warga karena masalah tanah, baik dengan orang lain, dengan tetangga atau keluarga sendiri. Dengan sertifikat ini mudah-mudahan meminimalisir konflik keluarga dan sertifikat yang dibagikan hari ini bisa qdimanfaatkan dengan baik,” pesannya.

 

Animo masyarakat sangat senang sekali dibandingkan dengan mengurus  reguler dengan biaya yang banyak. Dengan biaya 400 Ribu mereka senang sekali, sangat terbantu, dan jadinya juga cepat karena tepat tidak ada satu tahun. Terima program Agustus 2023 berkat kerjasama dengan BPN Pati tim Solikin dan anggota Sabtu 13 Januari 2024 sudah selesai dan dibagikan,” pungkasnya.(red/stn).

Published by

Categorised in:

No comment for Warga Desa Sumbersari Sangat Terbantu Dengan Program PTSL,Begini Tanggapan Kades Ahmad Useri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *