Thursday, 30-05-2024 12:27:11 am
Home » Daerah » Cegah Anak Kecanduan HP, Maesaroh DPRD Pati Ingatkan Peran Penting Orang Tua

Cegah Anak Kecanduan HP, Maesaroh DPRD Pati Ingatkan Peran Penting Orang Tua

(76 Views) March 13, 2024 8:20 am | Published by | No comment

 

PATI, SUARA PATI NEWS – Pengguna HP yang berlebihan pada anak-anak tentu akan berdampak buruk terhadap kondisi psikologis anak. Untuk itu diperlukan peranan orang tua dalam mengawasi anak-anak yang bermanfaat dengan HP.



 

Anggota DPRD Pati, Maesaroh mengatakan penggunaan HP secara berlebihan pada anak-anak menimbulkan banyak sisi negatif. Disamping memang HP dapat membuat anak-anak menjadi tenang dengan tayangan menarik didalamnya.

 

“Ini memang diperlukan peran pendamping orang tua dalam mengawasi gadget pada anak, harus ada batasan,” himbauanya.

 

Anggota komisi D ini berpendapat, dampak negatifnya adalah gangguan mental dan kesehatan mata. Apalagi, penggunaan secara berlebihan dapat menyebabkan kecanduan.

 

Jika ini tidak diperhatikan oleh orang tua, Maesaroh khawatir akan berdampak pada perkembangan pola pikir anak-anak.

 

“Tentu saja penggunaan gadget berlebih dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan mata dan akan berpengaruh pada kesehatan mental si anak,” ucap politisi dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini.

 

Selain peranan orang tua, tak kalah penting adalah peran guru di lingkungan sekolah. Pengguna HP tentu tak bisa dihindarkan dalam dunia pendidikan modern seperti saat ini.

 

Terlebih dengan metode pembelajaran jarak jauh yang diterapkan saat pandemi lalu yang membuat penggunaan HP di lingkungan sekolah menjadi hal wajib.

 

“Sekolah juga dapat membantu untuk memberikan batasan penggunaan gadget saat berada di lingkungan sekolah,” tandasnya.(Red).

Published by

Categorised in: ,

No comment for Cegah Anak Kecanduan HP, Maesaroh DPRD Pati Ingatkan Peran Penting Orang Tua

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *