Thursday, 30-05-2024 12:19:02 am
Home » Daerah » DPRD Pati Narso Dorong Pembangunan Ruang Publik Ramah Disabilitas.

DPRD Pati Narso Dorong Pembangunan Ruang Publik Ramah Disabilitas.

(74 Views) March 13, 2024 8:03 am | Published by | No comment

 

PATI, SUARA PATI NEWS – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati dari komisi B, Narso mendorong fasilitas publik yang ramah terhadap penyandang Disabilitas. Ia menilai, sejauh ini ruang layanan publik yang disediakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati belum menyediakan fasilitas untuk penyandang Disabilitas.



 

“Dengan belum meratanya akses untuk penyandang Disabilitas di ruang publik kabupaten Pati. Bisa dibilang Pati belum layak disebut ramah bagi Disabilitas,” kata Narso.

 

Politikus dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini juga merasa setiap warga negara termasuk penyandang Disabilitas memeroleh hak yang sama, tanpa pengecualian.

 

Ia berharap ada peningkatanĀ  fasilitas-fasilitas publik, seperti di lingkungan sekolah, fasilitas kesehatan, tenaga kerja, maupun dinas sosial. Sehingga implementasi sila kelima Pancasila yang berbunyi Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia benar-benar terselenggara.

 

“Penyandang Disabilitas di Pati kan juga memiliki hak-hak yang harus tetap dipenuhi sebagai warga negara Indonesia. Untuk itu, komisi B menghimbau Pemkab agar lebih maksimal dalam meningkatkan fasilitas pagi mereka,” harapnya.

 

Menurut Narso, beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain menambah petugas dengan kemampuan bahasa isyarat, penunjuk jalan atau Guiding Block, dan jarak pada zebra cross dengan dengan garis kendaraan yang tidak terlalu dekat.

 

“Selain itu juga akses jalan harus dibuat trotoar yang dilengkapi lantai pemandu, fasilitas kamar mandi, serta lift khusus bagi penyandang Disabilitas,” tandasnya.(Red).

Published by

Categorised in:

No comment for DPRD Pati Narso Dorong Pembangunan Ruang Publik Ramah Disabilitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *