Thursday, 30-05-2024 01:17:30 am
Home » Daerah » Hindari Pungli, DPRD Pati Himbau Disdikbud Lakukan Pengawasan

Hindari Pungli, DPRD Pati Himbau Disdikbud Lakukan Pengawasan

(42 Views) March 13, 2024 8:08 am | Published by | No comment

 

PATI, SUARA PATI NEWS – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Didin Syafruddin mengingatkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) untuk selalu mengawasi instansi sekolah agar tidak melakukan pungutan terhadap siswa-siswinya.



 

Bukan tanpa sebab, dirinya khawatir akan ada stigma negatif dari para orang tua selaku wali murid siswa. Apalagi memang yang namanya Pungutan atau iuran tidak dibenarkan di lingkup sekolah. Sehingga bisa dikatakan sebagai Pungli atau pungutan liar.

 

“Misal kalau itu iuran entah untuk pembangunan sekolah atau yang lain tetap kita klarifikasi dulu bersama Disdik. Karena fungsi kita pengawasan,” himbaunya.

 

Anggota komisi D yang merupakan mitra kerja dari Disdikbud ini juga dengan tegas meminta kepada setiap wali murid untuk bisa melapor ke Disdik atau pihak DPRD, jika mendapati iuran yang tidak jelas dipergunakan untuk apa.

 

Kendati banyak laporan di media sosial mengenai Pungli, Didin merasa sulit memastikan apakah itu benar-benar terjadi.

 

Menurutnya, kondisi perekonomian masyarakat saat ini belum pulih 100% pasca pandemi covid-19. Sehingga jika ada pungutan akan semakin menambah beban orang tua.

 

“Kadang-kadang berita yang ada di Hp itu hoax, jadi jika ada masyarakat yang menyampaikan ke kita akan kita tindak tegas. Masyarakat kita pasca covid ini masih lemah, apa lagi ada beban sekolah itu menurut saya cukup berat. Sekolah saja dulu harus pakai HP dan lainnya, tapi dibebani pungli itu kan kasihan,” tandasnya.

 

Ketua dari fraksi Nasdem ini sangat berharap tidak ada laporan Pungli. Terlebih, Disdikbud sudah disupport dana Bantuan Operasional Sekolah atau BOS untuk mendukung sektor pendidikan.Tutupnya (Red).

Published by

Categorised in:

No comment for Hindari Pungli, DPRD Pati Himbau Disdikbud Lakukan Pengawasan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *