Wednesday, 29-05-2024 11:45:39 pm
Home » Daerah » DPRD Pati Maesaroh Prihatin Gaji Guru Honorer Jauh Dari Kata Layak

DPRD Pati Maesaroh Prihatin Gaji Guru Honorer Jauh Dari Kata Layak

(70 Views) April 15, 2024 10:00 am | Published by | No comment

PATI, SUARA PATINEWS – Anggota Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati Maesaroh merasa prihatin dengan rendahnya gaji guru non ASN atau honorer. Menurutnya, gaji yang diterima selama satu bulan masih jauh dari kata layak meskipun untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Kendati demikian, meskipun memasukkan komisi yang menuaungi bidang pendidikan tidak bisa berbuat banyak karena kebutuhan guru kehormatan bukan keinginan dari pemerintah.



Hanya saja sebagai bentuk empati dan simpati pemerintah terhadap nasib guru honorer yang juga ikut mencerdaskan kehidupan bangsa, termasuk perwakilan rakyat juga telah beberapa kali menginspirasi pemerintah pusat agar guru honorer lebih diperhatikan.

“Yayasan pun seperti itu, kami mendengar curhatan guru juga ngenes. Kami ya pengen bantu tapi melihat kondisinya seperti ini ya mau bagaimana lagi. Tapi kemarin beberapa sudah kami tingkatkan usulan bantuan dan itu menghabiskan anggaran Rp 12 miliyar,” ucap Maesaroh.

Tentunya pada penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau PPPK tahun 2024 ini, legislator asal Kecamatan Jakenan ini berharap agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati melalui Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) membuka kesempatan seluas-luasnya bagi guru honorer agar bisa masuk ke dalam pembentukan PPPK untuk mendapatkan penghidupan yang lebih layak.

“Yang pendidikan formal saja kesejahteraan masih kurang. Kami sering diprotes, karena pengajar saja hanya mendapatkan gaji Rp 300 ribu. Itu saja kami belum bisa membantu meningkatkan. Kalau segitu kan untuk membayar listrik saja tidak mampu. Itu masih terjadi di guru yang sudah mengajar lebih banyak banyak dari 10 tahun,” pungkas politikus dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini. (Red)

Published by

Categorised in:

No comment for DPRD Pati Maesaroh Prihatin Gaji Guru Honorer Jauh Dari Kata Layak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *