Thursday, 30-05-2024 12:47:25 am
Home » Daerah » Uncategorized » Ketua DPRD Pati Suarakan Penanganan Masalah Kebencanaan

Ketua DPRD Pati Suarakan Penanganan Masalah Kebencanaan

(31 Views) April 22, 2024 2:55 am | Published by | No comment

PATI, SUARA PATINEWS – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati Ali Badrudin terus menguat penanganan masalah kebencanaan yang ada di Bumi Mina Tani. Pasalnya, Ali menyebut bencana yang terjadi cukup kompleks. Mulai dari krisis air bersih saat musim kemarau, hingga masalah banjir saat musim penghujan.

Hal ini juga ia dampak pada saat menghadiri Musrenbang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2025-2045 belum lama ini.



Disampaikan jika penanganan bencana yang dilakukan oleh Pemkab saat ini masih sangat kurang. Mengingat kebencanaan di Kabupaten Pati yang sangat kompleks dan terus berulang terjadi di setiap tahunnya.

“Kami meminta kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati agar memikirkan penanganan bencana jangka panjang. Mengingat bencana banjir ataupun kekeringan masih terus berulang terjadi di Kabupaten Pati ini,” Ucapnya

Selain itu, Ketua DPRD Ali Badrudin juga menyinggung terkait pelaksanaan Musrenbang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2025-2045 kali ini, yang hanya bicara soal keberhasilan, tapi kenyataannya masih banyak masyarakat di Kabupaten Pati yang menderita.

Tentunya Ali berharap Pemkab membuka mata supaya bisa melihat penderitaan masyarakat di daerah yang menjadi korban bencana.

“Tadi hanya disampaikan terkait keberhasilan soal pemerintahan Kabupaten Pati. Akan tetapi, kita sebagai wakil dari rakyat tentunya tidak hanya menyampaikan keberhasilan saja. Karena kita masih ada masalah mengalami kebanjiran dan ketika musim kemarau tiba kita mengalami bencana kekeringan, itu yang harus dimasukkan di dalam RPJPD kali ini,” Ujarnya.

Lanjutnya, dirinya juga mengusulkan terkait penanganan bencana jangka panjang, dengan membuat sungai sodetan di sepanjang aliran Sungai Juwana. Dimana pembangunan anak sungai itu dinilai bisa dalam mengatasi bencana banjir.

“Menurut kami perlu membuat sungai sodetan dari Sungai Juwana. Itu juga harus kita perhatikan dan dimasukkan dalam RPJPD. Tidak mungkin penderitaan ini kita alami terus menerus. Karena sebenarnya Kabupaten Pati ini gemah ripah loh jinawi kalau tidak terkena bencana banjir maupun kekeringan,” Pungkasnya. (red)

Published by

Categorised in:

No comment for Ketua DPRD Pati Suarakan Penanganan Masalah Kebencanaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *