Thursday, 30-05-2024 12:11:57 am
Home » Daerah » Uncategorized » Perbaiki Harga Jual Gabah, DPRD Pati Narso Dorong Pemerintah Tetapkan HET

Perbaiki Harga Jual Gabah, DPRD Pati Narso Dorong Pemerintah Tetapkan HET

(81 Views) April 8, 2024 5:05 am | Published by | No comment

PATI, SUARA PATINEWS – Harga gabah yang rendah saat panen raya tiba tentu saja sangat merugikankan para petani di Kabupaten Pati. Untuk itu diperlukan tindakan nyata pemerintah untuk bisa memberikan jaminan harga jual agar para petani tidak selalu merugi.

Anggota komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pati, Narso lantas memberikan usulan agar pemerintah kabupaten Pati melalui Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertan) ataupun Bulog sebagai perusahaan milik negara untuk menetapkan Harga Eceran Tertinggi dan Harga Eceran Terendah atau HET.



Menurutnya, langkah ini akan efektif untuk memberikan rasa aman kepada petani jika panen raya padi telah tiba.

“Pemerintah harus bisa menentukan harga eceran tertinggi gabah. Tetapi juga menetapkan harga terendah. Sehingga saat panen raya petani terlindungi,” ungkap Narso.

Dirinya juga menyadari rendahnya harga gabah saat panen sangat merugikan petani di Bumi Mina Tani.

Apalagi, banjir beberapa waktu lalu yang membuat ribuan hektar sawah gagal panen nyatanya tak serta merta membuat harga gabah menjadi tinggi.

Politikus dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini menilai, rendahnya harga ini dikarenakan kualitas gabah yang kurang baik karena intensitas hujan yang cukup tinggi.

“Harga gabah yang anjlok saat panen raya bisa saja karena kualitas gabah yang kurang bagus akibat curah hujan yang cukup tinggi,” imbuhnya.

Selain itu, jika curah hujan tinggi, akan sulit untuk mengeringkan gabah yang basah. Narso menilai, alasan inilah yang membuat para tengkulak membeli gabah dengan harga rendah. (red)

Published by

Categorised in:

No comment for Perbaiki Harga Jual Gabah, DPRD Pati Narso Dorong Pemerintah Tetapkan HET

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *