Monday, 17-06-2024 04:25:49 pm
Home » Pertanian » Meningkatkan Produktifitas Lahan Pertanian dengan Menanam Jambu Biji

Meningkatkan Produktifitas Lahan Pertanian dengan Menanam Jambu Biji

(46 Views) May 23, 2024 8:36 am | Published by | No comment

Suarapatinews.com – Pati. Jambari seorang petani yang berasal dari desa Guyangan kecamatan Winong Kidol – Pati mampu mengubah lahan pertanianya menjadi lebih produktif dengan budidaya jambu kristal.

Panen Jambu Kristal Pada Selasa, 7 September 2021 di Kebun Milik Jambari

 



Jambu kristal merupakan varietas golongan jambu biji namun memiliki keunggulan yaitu rasa manis, tekstur renyah dan minim biji sehingga cocok dikonsumsi dalam bentuk segar.

Dengan kepemilikan lahan seluas 5.000 meter persegi Jambari dapat menanam jambu kristal sebanyak 500 pohon dengan jarak tanam 3 x 3 meter. Dengan jarak tersebut lahan kosong di bawah tanaman pokok dapat dilakukan sistem tumpang sari dengan tanaman semangka.

Alasan Jambari memilih budidaya jambu kristal adalah tingkat oroduktifitasnya yang cukup tinggi. Dalam waktu 5 bulan tanaman tersebut sudah dapat berproduksi sekitar 60 kilo gram sekali panen, sedangkan waktu panen adalah dua minggu sekali.

Masa puncak produksi jambu kristal adalah pada umur 2-5 tahun sehingga sangat layak dijadikan usaha baik jangka pendek mauoun jangka panjang.

Berkaitan dengan pemasaran, menurut Jambari tidaklah terlalu sulit. Hasil panenya selama ini diambil tengkulak dari lahan dengan harga berkisar antara Rp. 10.000,- sampai dengan Rp. 15.000,- per kilo gramnya.

Tata cara budidaya jambu kristal masih menurut Jambari tidaklah sulit. Pemberian puouk dadar dari kotoran ayam serta pupuk susulan mengginakan pupuk NPK Kimia serta perangsang buah Gandasil-B, serta pengairan secara berkala, (SPN).

Published by

Categorised in:

No comment for Meningkatkan Produktifitas Lahan Pertanian dengan Menanam Jambu Biji

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *