Monday, 17-06-2024 05:39:26 pm
Home » Daerah » Ratusan Warga Desa Tambahmulyo Antusias Ramaikan Acara Kirab Budaya

Ratusan Warga Desa Tambahmulyo Antusias Ramaikan Acara Kirab Budaya

(40 Views) May 25, 2024 12:51 pm | Published by | No comment

 

SUARA PATI NEWS. PATI – Ratusan warga Desa Tambahmulyo Kecamatan Jakenan Kabupaten Pati tumplek blek dalam acara sedekah bumi atau bersih desa yang di adakan pada Sabtu (25/52024).



Anak-anak hingga orang tua secara hidmat mengiring Kirab Budaya gunungan yang dimulai dari lapangan bangklean hingga mengelilingi desa setempat.

 

Kepala Desa (Kades) Tambahmulyo Eka Kurnia Sejati saat di wawancarai awak media di rumahnya mengatakan hari ini desa tambahmulyo adakan acara sedekah bumi untuk acara hari ini karnaval stat di mulai dari lapangan bangklean.

 

Prosesi dimulai sejak pukul 08.00 dan berakhir pukul 11.00 Tampak para Pemerintah Desa berpakaian adat Jawa membuka jalan di barisan depan.

 

Sementara itu gunungan yang terdiri dari aneka hasil alam berada pada posisi tengah barisan. Pertunjukan sound miniatur turut meramaikan dan para penari juga turut membersamai.

 

Lanjut Kades Tambahmulyo, bahwa acara sedekah bumi merupakan ungkapan syukur dan terima kasih kepada Sang Maha Pencipta.

 

“Kita disini bersama-sama secara jamaah, meminta perlindungan keberkahan dan keselamatan dari mara bahaya,” ujarnya.

 

Dalam tradisi sedekah bumi, kata Eka, juga menjadi wadah mempererat kerukunan masyarakat, Selain itu budaya gotong royong juga diamalkan dalam rangkaian kegiatan tersebut.

 

“Sehingga dapat menciptakan kerukunan dan mengamalkan gotong-royong di dalam bermasyarakat,” sambungnya.

 

Pihaknya berpesan kepada masyarakat setempat untuk menjaga silaturahmi kepada sesama, Selain itu juga berharap budaya yang telah dilestarikan agar selalu dijaga, sehingga tidak dilupakan anak cucu nantinya. (Stn)

Published by

Categorised in:

No comment for Ratusan Warga Desa Tambahmulyo Antusias Ramaikan Acara Kirab Budaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *