Saturday, 20-04-2024 01:04:45 am
Home » Daerah » Kreasikan Bahan Pangan Lokal, Jadi Oleh Oleh Khas Produk UMKM Pati

Kreasikan Bahan Pangan Lokal, Jadi Oleh Oleh Khas Produk UMKM Pati

(1008 Views) November 3, 2018 11:42 am | Published by | No comment

Suarapatinews. Pati – Dinas Ketahanan Pangan (Distapang) Kabupaten Pati merupakan pemrakarsa Festival Pangan Lokal Kabupaten Pati yang bertempat di Alun- alun Simpang Lima Pati.

Melalui produk UMKM lokal panganku sejahtera desaku.

Festival yang berlangsung pada tanggal 3-4 November 2018 ini, mengangkat tema “lokal panganku, sejahtera desaku” dengan berbagai rangkaian acara yang diikuti oleh organisasi perangkat daerah, pameran UMKM, aneka lomba dan seminar UMKM dengan menggandeng salah satu e-commerce.



Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Pati, Sujono menuturkan bahwa salah satu tujuan diadakannya festival ini yaitu untuk memperkenalkan potensi makanan lokal non beras.

Ia mengatakan, pentingnya mengonsumsi makanan lokal non beras, agar masyarakat tidak ketergantungan beras.

“Sebab masih banyak kandungan karbohidrat berasal dari sumber makanan lain seperti jagung, ketela dan umbi-umbian,” jelasnya.

Dalam festival ini, juga dimeriahkan dengan beragam kegiatan, seperti senam, pembagian jamu, pameran UMKM, aneka lomba dan lainnya.

Salah satu lomba yang digelar adalah lomba inovasi pangan lokal. “Jadi bagaimana masyarakat berkompetisi mengolah makanan lokal yang non beras,” ungkap Kepala Distapang itu.

Ia menambahkan, melalui kreasi olahan kuliner non beras diharapkan akan bermunculan oleh- oleh khas Pati. Kuliner tradisional seperti nasi jagung, getuk, tiwul, klepon, lopis dan lainnya dikreasikan menjadi makanan yang menarik minat beli.

Al Snack salah satu produk unggulan UMKM dari desa Kembang, info reseller WA : 0857-4129-8788 (Irawan).

“Harapannya nanti hasil makanan dari acara ini dapat menjadi oleh-oleh khas Pati, sehingga anak-anak menjadi lebih tahu bahwa pangan lokal juga banyak disini, bahkan memiliki banyak kelebihan seperti gizi dan manfaat yang beragam,” pungkasnya. ($.andik)

Published by

Categorised in:

No comment for Kreasikan Bahan Pangan Lokal, Jadi Oleh Oleh Khas Produk UMKM Pati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *