Monday, 25-01-2021 12:53:43 pm
Home » Daerah » Uncategorized » Manfaat Pendidikan Karakter, Jawab Kegelisahan Kondisi Generasi Muda Saat Ini

Manfaat Pendidikan Karakter, Jawab Kegelisahan Kondisi Generasi Muda Saat Ini

(360 Views) November 28, 2020 6:28 am | Published by | No comment

Suarapatinews.com – Pati. Pendidikan Karakter menjadi sangat penting untuk membentuk dan menguatkan kepribadian anak. Selain di sekolah, pendidikan karakter juga perlu diterapkan di rumah dan dilingkungan masyarakat. Mengapa? Karena pondasi terkuat dari semua itu adalah karakter. Masa depan bangsa berada di pundak generasi saat ini, generasi muda yang berkarakter kuat akan mampu membawa kejayaan bangsa Indonesia di masa mendatang. Sedangkan pada hakekatnya, tujuan utama pendidikan tidak sekedar dari segi intelektual yang membuat peserta didik pintar namun juga berkarakter baik.

Agar anak berkarakter kuat diperlukan kegiatan penguatan pendidikan karakter. Maka, Penanaman karakter mulia tidak dapat dilakukan secara singkat, akan tetapi melalui proses terus menerus sejak usia dini hingga mencapai taraf kedewasaan.



Oleh karena itu, salah satu upaya untuk membentuk karakter anak-anak diperlukan kegiatan penguatan pendidikan karakter yang di integrasikan dalam bentuk pembelajaran, baik itu pembelajaran di rumah, di sekolah, maupun dilingkungan masyarakat. Dengan demikian proses penguatan karakter dapat berjalan tepat sasaran sehingga mampu membentuk karakter anak yang berjiwa kepemimpinan, Religius, nasionalis, gotong royong, mandiri dan Integritas.

Penguatan karakter dibutuhkan untuk menghadapi tantangan di era globalisasi dan era digitalisasi. Pendidikan Karakter tidak hanya untuk menciptakan dan menguatkan karakter seseorang, tetapi juga bermanfaat ketika diterapkan. Berikut adalah beberapa manfaat pendidikan karakter, diantaranya:
Membentuk Karakter
Karakter merupakan kombinasi diri yang menjadikan diri unik, yang terbentuk dari proses pembelajaran yang berlaku di lingkungannya. Karakter dibangun dan dikembangkan secara sadar hari demi hari melalui sebuah proses yang tidak instan. Karakter seseorang bukanlah bawaan yang dimiliki oleh seseorang sejak lahir. Oleh sebab itu, seseorang yang sudah terbiasa melakukan hal-hal yang baik sejak usia dini, tentunya akan memiliki karakter yang baik pada dirinya sehingga berguna bagi sesama.

 

Menanamkan jiwa menghargai sesama
Pendidikan karakter juga mampu membuat seseorang lebih menghargai sesama. Seseorang yang memiliki karakter yang kuat akan bersifat lebih tenang dalam menyikapi permasalahan sehingga ketika ada perbedaan. Maka, ia akan menerapkan rasa toleransinya terhadap sesama.

Mencegah rasa malas dan moral yang buruk
Ketika seseorang sejak usia dini sudah terbiasa berperilaku disiplin, dan menghargai waktu. hal tersebut, dapat menjadi pondasi yang baik untuk seseorang dimasa dewasanya. Mengapa? Karena karakter disiplin sudah melekat dalam jiwa, sehingga rasa malas dan moral yang buruk itu dapat dicegah dengan sendirinya. Oleh karena itu, kondidi mental dan moral yang baik dapat menciptakan suasana yang kondusif sehingga mencegah terjadinya pertentangan.

Menciptakan generasi yang berintegritas
Pendidikan karakter juga mampu menciptakan generasi yang berintegritas. Mengapa? karena seseorang yang berintegritas adalah orang yang memiliki pribadi yang jujur dan berkarakter yang sangat kuat. Ketika seseorang telah memiliki integritas yang tinggi maka dalam menjalankan sebuah amanah kepemimpinan akan melaksanakannya dengan baik dan menggunakan kesempatan dengan sebaik mungkin. Hal tersebut, sangat berguna bail untuk diri sendiri maupun orang disekitarnya, karena perasaan orang tersebut akan jauh lebih baik daripada orang lain sehingga selalu termotivasi untuk menyesuaikan diri terhadap situasi apa pun, memiliki fikiran yang luas, serta memiliki hubungan yang baik dengan lainnya.

Menjadi lebih bijak dalam mengambil keputusan
Seseorang yang berkarakter, akan lebih bijak dalam mengambil keputusan, karena pendidikan karakter juga mampu membuat seseorang mempunyai pendirian yang kuat. Hal tersebut sangat penting untuk menjaga diri dari pengaruh negative yang dapat menimbulkan perpecahan. Seseorang yang memiliki karakter yang kuat jika dihadapkan dengan sebuah pilihan tidak akan bingung terhadap pilihannya, karena bisa menentukan apa yang seharusnya dilakukan dan mencari solusi yang tepat jika dihadapkan dengan sebuah permasalahan.
Penulis : Supariyati (17.12.00058)
KKN MDR DAHSYAT IPMAFA

Published by

Categorised in:

No comment for Manfaat Pendidikan Karakter, Jawab Kegelisahan Kondisi Generasi Muda Saat Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *