Monday, 20-05-2024 04:48:12 pm
Home » Daerah » Wisata kuliner Khas Pati di Sampit Kalimantan Tengah

Wisata kuliner Khas Pati di Sampit Kalimantan Tengah

(2377 Views) September 24, 2017 10:30 am | Published by | No comment

CollageMaker_20170924_171744348-01

(RM.ISKA Di Sampit Kalimantan Tengah)

Bagi anda penggemar kuliner tentu saja tidak akan asing dengan makanan yang satu ini, nasi gandul.Kuliner khas Pati dengan bahan utama nasi dan  daging sapi berkuah pedas yang disajikan dengan piring diberi daun pisang ini terkenal sangat menggoda dari generasi ke generasi. Menurut Pusoko (35), Koki spesialis nasi gandul, munculnya istilah “nasi gandul” ini bisa diturut dari zaman penjajahan Belanda.



“Pada masa itu, kolonialisasi tidak memberi ruang pada berdirinya warung sebagaimana di masa kemerdekaaan seperti sekerang ini.Untuk mensiasati hal tersebut, para penjual nasi di Pati berkeliling desa menjajakan nasi dagangannya dengan memanggul nasi tersebut menggunakan pikulan. Nasi yang dipanggul ini tentu saja bergandulan setiap pedagang nasi menjajakn nasi dagangannya. Dari istilah bergandulan inilah istilah “nasi gandul” berasal.

Sebagai generasi warga Pati, sudah seharusnya kita mengenal sejarah nasi gandul ini, sehingga kekayaan ragam budaya Pati tidak mudah tergerus zaman dan bisa diwariskan dari generasi kegenerasi.” Ujar Pusoko. Sebagai tambahan informasi, nasi gandul ini tidak hanya bisa kita temukan di kota Pati Jateng saja. Seiring dengan persebaran budaya Pati keseluruh nusantara, saat ini kita bisa menemukan nasi gandul di hampir seluruh wilayah nusantara, termasuk di Kalimantan. Salah satunya yang bisa kita jumpai di Kalimantan adalah warung nasi gandul yang beralamat di Jl.Muh.Hatta No. 77 Ketapang Sampit-kalteng Buka mulai 09.00 dan Tutup 22.00 .Selamat mencoba dan mencicipi kuliner khas Pati.(Sutoyo)

Published by

Categorised in:

No comment for Wisata kuliner Khas Pati di Sampit Kalimantan Tengah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *