Tuesday, 07-12-2021 06:39:46 am
Home » Daerah » Uncategorized » Pentingnya Peranan Masyarakat dalam Melakukan Langkah – Langkah Pencegahan Covid-19

Pentingnya Peranan Masyarakat dalam Melakukan Langkah – Langkah Pencegahan Covid-19

(270 Views) December 9, 2020 7:05 am | Published by | No comment

Suarapatinews.com – Pati

Oleh : Nurul Rofi’ati (Tim Kkn Mdr Akhtar IPMAFA)
Sudah beberapa bulan terakhir ini bumi kita terkena wabah covid-19 atau virus corona, sehingga mengganggu aktivitas keseharian kita juga begitu banyak memakan korban karena virus tersebut, bahkan belum ditemukan vaksin atau penangkal dari virus tersebut. Sudah seharusnya kita menjaga diri dengan mengenali dan cara pencegahan dari virus tersebut agar kita tidak sampai terjangkit oleh virus tersebut.


Begitu banyak cara pencegahan baik dari anjuran dokter maupun pemerintah, diantaranya sebagai berikut :
1. Mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer.
Mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer dimasa pandemi seperti ini sangatlah penting, karna pada aktivitas keseharian kita tidak luput dari menyentuh. Dengan rajin menjaga kebersihan tangan maka kita tidak mudah terkena virus tersebut melalui benda disekeliling kita.
2. Memakai masker.
Selain menghindari kita dari polusi, memakai masker juga salah satu cara kita mencegah dari terjangkitnya virus corona, karna dengan memakai masker agar tidak mudah masuk melalui hidung dan mulut kita.
3. Menjaga jarak.
Pada masa pandemi ini, kita diharuskan untuk menghindari keramaian guna menjaga jarak agar tidak mudah terjangkit virus tersebut. Misalnya ; dengan melakukan aktivitas dari rumah, tidak bersentuhan langsung dengan sesama, untuk perantauan juga tidak dianjurkan mudik terlebih dahulu.
4. Menjaga imunitas pada tubuh.
Menjaga imun pada tubuh tentunya sangatlah penting, karna virus tersebut juga mudah menyerang seseorang yang imunnya lemah. Banyak cara agar kita tetap bisa menjaga imun pada tubuh, misalnya ; dengan berolahraga secara teratur, istirahat yang cukup, mengkonsumsi vitamin atau suplemen, menjaga tubuh agar tetap hangat, dan lain-lain.
5. Tutup mulut atau hidung ketika kita batuk atau bersin.
Hal itu bertujuan agar tidak mudah menular kepada orang disekitar kita.
6. Tidak menganggap remeh.
Tidak menganggap remeh juga point terpenting untuk mencegah virus tersebut. Dengan menganggap remeh virus tersebut otomatis akan mempermudah penyebaran serta terjangkitnya virus tersebut. Kepedulian kita untuk mencegah terjangkitnya virus tersebut sangatlah penting. Memang benar hidup atau nyawa kita sudah ditakdirkan oleh Yang Maha Kuasa, tapi tidak seharusnya kita meremehkannya. Kita juga tidak tega jika orang-orang disekitar kita terutama keluarga kita terjangkit virus tersebut.



Selain dari cara diatas, masih banyak cara yang dapat kita terapkan. Jika kita merasa tidak enak badan, segeralah melakukan rapid test ke rumah sakit terdekat untuk mengantisipasi dan memastikan positif atau negatifnya virus corona. Sudah seharusnya bagi kita yang mengetahui dari virus tersebut dan pencegahannya, menindak lanjuti pada lingkungan disekitar kita agar orang terdekat kita tidak mudah terjangkit virus tersebut, apalagi saat ini sudah diadakan up normal. Bisa dilakukan dengan menyediakan tempat cuci tangan atau hand sanitizer didepan rumah guna ketika ada tamu yang berkunjung ke rumah tangannya bisa steril, juga dengan membagikan masker agar ketika keluar rumah tetap memakai masker guna mencegah virus tersebut.

Peran masing-masing dari kita juga sangatlah penting bagi masyarakat disekitar kita, guna menyadarkan kepada mereka akan pentingnya pencegahan virus corona supaya tidak terjangkit dimana-mana dan lekas membaik agar bisa melakukan aktivitas sebagaimana biasanya. Tanamkanlah prinsip pada diri kita, jikalau tidak kita yang melakukan siapa lagi?! Tanamkan juga rasa peduli kita terhadap sesama agar nantinya kita rasakan bersama betapa indahnya hidup tanpa virus corona. Sayangi diri dan orang disekitar kita.

Published by

Categorised in:

No comment for Pentingnya Peranan Masyarakat dalam Melakukan Langkah – Langkah Pencegahan Covid-19

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *