Tuesday, 16-04-2024 11:32:16 am
Home » Daerah » Dewan Pati Kecewa Banyak Perusahaan Tak Setujui Raperda CSR

Dewan Pati Kecewa Banyak Perusahaan Tak Setujui Raperda CSR

(42 Views) February 7, 2024 2:16 pm | Published by | No comment

PATI, SUARA PATI NEWS – Masih belum usainya pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Tanggung Jawab Sosial Lingkungan Perusahaan (TJSLP) alias Corporate Social Responsibility (CSR) oleh DPRD Kabupaten Pati dinilai oleh salah satu anggota Panitia Khusus (Pansus) Sukarno, karena tidak disetujui oleh para perusahaan.

 



Seperti diketahui, perumusan Raperda ini diharapkan dapat mengatur besaran dana CSR yang harus dikeluarkan oleh setiap perusahaan yang ada di Bumi Mina Tani.

 

Hanya saja dalam proses pembahasan yang hampir dua tahun ini, banyak perusahaan dinilai oleh Sukarno merasa keberatan jika dana CSR dicampuri oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab).

 

“Itu saja pengusaha lokal kalau saya ikuti di Medsos (Media Sosial) banyak perusahan yang menolak karena besarannya. Pemilik CSR-nya saja banyak yang tidak sepakat dengan dalih itu urusan perusahaan kenapa DPRD ikut-ikutan,” keluh Sukarno, Rabu (7/2).

 

Ia menambahkan, meskipun perusahaan menolak, pada awal perumusan Raperda ini oleh DPRD menurut Sukarno sesuai aspirasi dari masyarakat.

 

Dikatakan, masyarakat ingin mengetahui sejauh mana dana CSR yang setiap tahun dikeluarkan oleh perusahaan dan untuk apa peruntukannya.

 

Disamping itu, anggota komisi B DPRD Pati ini juga menyadari tidak adanya transparansi dari perusahaan akan pemanfaatan dana CSR yang nominalnya sangat fantastis setiap tahunnya.

 

“Padahal kan kita ingin mengontrol, besarannya berapa dan peruntukannya untuk apa. Selama ini rakyat tanya ke DPRD, kemana saja CSR selama ini,” sambung Politisi dari Partai Golkar.

 

Sebagai salah satu anggota pansus, wakil rakyat asal Kecamatan Wedarijaksa ini belum bisa memastikan kapan pembahasan Raperda CSR ini bisa dilanjutkan.(Red).

Published by

Categorised in:

No comment for Dewan Pati Kecewa Banyak Perusahaan Tak Setujui Raperda CSR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *