Friday, 20-05-2022 11:40:23 am
Home » Kabar Desa » Gerebek Nyadran di Desa Sikasur Pemalang

Gerebek Nyadran di Desa Sikasur Pemalang

(1598 Views) May 21, 2017 5:43 am | Published by | No comment

Suarapainews. Pemalang – Minggu tgl 21 mei 2017, Pemerintah Desa Sikasur Kecamatan Belik mengadakan tradisi budaya sadranan yang bertajuk ” GEREBEG NYADRAN”. Kegiatan acara ini di hadiri oleh pemerintah kabupaten Pemalang yang di wakili oleh SEKDA beserta jajarannya serta CAMAT Belik beserta jajarannya, Bapak Kepala Desa Sikasur Bapak Kusin beserta warga masyarakat Desa Sikasur Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang.

IMG-20170521-WA0015

Dalam sambutannya Bapak Kades mengungkapkan bahwa tradisi yang sudah turun temurun ini bisa kita jaga bersama-sama kelestariannya agar anak cucu kita nantinya dapat mengambil pelajaran dari nilai-nilai budaya dan perjuangan para leluhur. Agar apa yang telah kita nikmati sampai hari ini adalah berkat do’a para leluhur dan bisa menjadi cerminan kita melangkah kedepannya.



Adapun prosesi Grebeg Nyadran di awali dengan proses Kirab Budaya yang di mulai dari pendopo Balai Desa Sikasur dan berakhir di Sendang Telaga Silating di lanjut dengan prosesi siraman air sendang kamulyan Telaga Silating.

Acara kemudian di tutup dengan doa dan makan tumpeng bersama, untuk memeriahkan acara ini di lanjut pula dengan hiburan aneka budaya Desa Sikasur dan lomba menangkap bebek di sendang Silating.

Masyarakat Desa Sikasur sangat antusias dengan acara ini dan berharap agar acara tradisi atau budaya sebagai warisan leluhur terus tumbuh dan terpelihara dengan baik oleh warga Pemalang khususnya Desa Sikasur. ( Tri Puji )

Published by

Categorised in:

No comment for Gerebek Nyadran di Desa Sikasur Pemalang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *