Friday, 21-01-2022 08:23:43 pm
Home » Kabar Desa » KKN Undip Desa Jembulwunut Sosialisasikan HAI KADES Yaitu Layanan Berbasis Elektronik Melalui SMS

KKN Undip Desa Jembulwunut Sosialisasikan HAI KADES Yaitu Layanan Berbasis Elektronik Melalui SMS

(407 Views) January 30, 2019 12:51 pm | Published by | No comment

Suarapatinews. Pati – Mahasiswa Tim I KKN Desa Jembulwunut, Kecamatan Gunungwungkal, Kabupaten Pati mengikuti kegiatan sosialisai pelayanan dimasyarakat di Desa Jembulwunut yang merupakan kebutuhan dasar masyarakat. (28/01/19).

Pentingnya pelayanan terhadap masyarakat dengan aplikasi basis elektronik ” HAI KADES” sebagai sarana mempermudah layanan atau aduan.

Hal ini wajib diberikan oleh masyarakat oleh Stakeholder, dalam hal ini yang bersangkutan yakni desa, oleh karena itu, perlu adanya e-government.



E-government yaitu pemanfaatan teknologi elektronik oleh perangkat Desa beserta Ibu-Ibu PKK dalam pelayanan Publik yang memiliki peran sangat besar terhadap peningkatan kualitas pelayanan di desa.

Sehingga melalui e- government yang terintergrasi dan menyeluruh ini dapat mempermudah penangan pelayanan perangkat Desa dan ibu-ibu PKK sekaligus permasalahan yang terdapat di Desa.

Pada kegiatan ini mengikuti program PKK yang diadakan oleh ibu-ibu PKK yang bertempat di Balai desa Jembulwunut, sasaran kegiatan ini yakni perangkat desa sekaligus ibu-ibu PKK. Kegiatan ini dimulai pukul 13.00 – 15.00 WIB.

Program ini dilaksanakan dengan memberikan pelatihan bagaimanan cara melalui e-government yang disertai dengan pemberian pemahamanan tentang konsep dan pentingnya penggunaan e-government di era saat ini.

Program e-government ini berupa layanan “ Hai Kades “ yaitu layanan berbasis elektronik melalui SMS yang terintergrasi menjadi satu yang dikoordinir oleh Ibu PKK .

Mekanisme dalam Hai Kades ini pelapor mengirim SMS dengan format Hai Kades (spasi) Nama (spasi) Dusun (spasi) RT/RW (spasi) aduan / aspirasi, kemudian laporan warga Desa Jembulwunut yang sudah masuk akan di tampung dan di pertimbangkan atau di periksa kembali oleh tiap Kepala Dusun kemudian di tidak lanjuti oleh Perangkat Desa.

Sebab E-KTP (kartu tanda penduduk ) ini mempunyai fungsi sebagai symbol atau kartu tanda pengenal penduduk dari suatu Negara, persayaratan menikah membuat akte kelahiran dan masih banyak lagi, dan pentingnya hal tersebut maka masyarakat desa jembulwunut di haruskan untuk memiliki kartu E-KTP tersebut. (Novia Dwi Kurniawati )

Published by

Categorised in:

No comment for KKN Undip Desa Jembulwunut Sosialisasikan HAI KADES Yaitu Layanan Berbasis Elektronik Melalui SMS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *