Wednesday, 01-12-2021 06:48:53 am
Home » Kabar Desa » Kreatif, Mahasiswa KKN Undip Ciptakan Sabun Dari Ampas Kopi

Kreatif, Mahasiswa KKN Undip Ciptakan Sabun Dari Ampas Kopi

(784 Views) February 18, 2019 11:28 pm | Published by | No comment

Suarapatinews. Pati – Patut diacungi jempol dan sangat kreatif,  para Mahasiswa UNDIP Ciptakan Sabun dari Ampas Kopi.

Pengembangan yang selalu memunculkan ide ide kreatif dalam karya yang nyata.

Kopi merupakan minuman yang sangat terkenal di Kabupaten Pati, begitu pula di Desa Sidomulyo.



Produksi kopi di desa tersebut berjalan secara terus menerus, bahkan hingga kini Desa Sidomulyo memiliki UMKM yang disebut dengan Kopi Jowo, Selasa tgl (18/02/19).

 

Konsumsi kopi pada masyarakat di desa yang cukup rutin membuat banyaknya ampas kopi yang terbuang sia-sia.

Diawali dengan hal itu, mahasiswa KKN Tim I Universitas Diponegoro Semarang tahun 2019 memberikan inovasi dengan memanfaatkan ampas kopi menjadi sabun yang dapat dipakai.

Wulanda Asseptia bersama tim KKN Desa Sidomulyo ingin memaksimalkan potensi kopi di desa tersebut, dimana selama ini yang kita ketahui kopi hanya untuk diminum, maka, diperlukan ide kreatif dalam mengembangkan hal itu.

Dalam proses pembuatannya Wulanda menyiapkan ampas kopi yang tidak tercampur gula, “Bahan yang dibutuhkan seperti VCO, minyak zaitun, minyak kelapa sawit, soda api, aquades dan essential oil,” lanjutnya.

Meski membutuhkan waktu kurang lebih 3 hari dalam pembuatannya, pemanfaatan ampas kopi ini berhasil menarik minat masyarakat.

Bahkan Bupati Kapubaten Pati Haryanto turut mengapresiasi inovasi ini, hal tersebut diucapkan ketika pembukaan EXPO Kuliah Kerja Nyata UNDIP di Kecamatan Gunungwungkal Pati.

Mahasiswa dari Fakultas Sains dan Matematika jurusan Kimia ini berharap semoga produk Coffee and Care atau sabun dari ampas kopi ini dapat menembus pasar lokal hingga nasional, serta dapat meningkatkan kesejahteraan Desa Sidomulyo. (Muhyiddin)

Published by

Categorised in:

No comment for Kreatif, Mahasiswa KKN Undip Ciptakan Sabun Dari Ampas Kopi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *