Tuesday, 17-05-2022 11:44:48 am
Home » Pendidikan » Mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang Adakan Penyuluhan Tentang Program Kampung KB Ditengah Pandemi Covid-19

Mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang Adakan Penyuluhan Tentang Program Kampung KB Ditengah Pandemi Covid-19

(191 Views) November 19, 2020 4:12 am | Published by | No comment

Suarapatinews. Kudus – Mahasiswa KKN RDR (Kuliah Kerja Nyata Reguler Dari Rumah) Kelompok 19 UIN Walisongo Semarang mengadakan kegiatan penyuluhan program kampung KB ditengah pandemi Covid-19, pada Rabu (21/10/20).

Kegiatan penyuluhan tersebut dilaksanakan di ruang PKK Balaidesa Pedawang kecamatan Bae Kudus.



Acara tersebut, dihadiri oleh Pemerintah Desa Pedawang, Tim BPKBN, Perwakilan Ketua RT Desa Pedawang, Tim KKN UIN Walisongo serta KKN Tematik UMK.

Heryanti, selaku Sekretaris Desa menjelaskan bahwa kegiatan ini ditujukan untuk menjalankan program desa terkait program kampung KB di desa Pedawang.

Ia menunjuk Tim KKN dari UIN Walisongo untuk menjadi narasumber dalam acara tersebut.

Wahyu Rizki F dan Imtyyas Yumna N, selaku narasumber yang memberikan penyuluhan program kampung KB.

Imtyyas Yumna N, selaku narasumber menyampaikan bahwa, di masa pandemi covid sekarang ini banyak masyarakat yang stay dirumah karena terkena dampak PHK, hal ini menjadi perhatian besar untuk mengedukasi masyarakat terkait pentingnya menjaga angka kelahiran anak dimasa pandemi.

“Dimasa pandemi, kesehatan ibu hamil dan janin yang ada didalam kandungan mempunyai resiko sangat tinggi untuk terpapar covid, oleh karena itu dengan menggalakkan penyuluhan program kampung KB diharapkan masyarakat teredukasi dan bisa mengontrol jarak maupun angka kelahiran anak”, ujarnya.

Menurut Ihsan selaku peserta dari tim KKN UIN Walisongo Semarang, mengatakan bahwa kegiatan penyuluhan ini sangat bermanfaat, program KB bukan hanya untuk kesehatan ibu saja, namun KB juga dapat mencegah kehamilan yang tidak diinginkan dan mencegah melonjaknya angka kelahiran di Indonesia.

Selain mencegah angka kelahiran, Ihsan mengatakan Program KB dimasa pandemi dapat mencegah anak dari kekurangan gizi, ekonomi yang rendah, dan pendidikan anak yang tidak terpenuhi.

“Dengan adanya program KB diharapkan pendapatan masyarakat bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari sehingga keluarga dapat terjalin harmonis dan sejahtera”, tegasnya.

Dengan penyuluhan program kampung KB ini diharapkan masyarakat Desa Pedawang bisa mengimplikasikan dalam kehidupan sehari-hari agar tercipta keluarga yang sejahtera terhindar dari kemiskinan dan kampung yang aman sejahtera. (Wahyu Rizki Febriyanti)

Published by

Categorised in:

No comment for Mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang Adakan Penyuluhan Tentang Program Kampung KB Ditengah Pandemi Covid-19

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *