Friday, 21-01-2022 07:52:06 pm
Home » Pendidikan » Putus Rantai Persebaran Covid-19 Mahasiswa KKN UIN Walisongo Mengadakan Pelatihan Pembuatan Handsanitaizer

Putus Rantai Persebaran Covid-19 Mahasiswa KKN UIN Walisongo Mengadakan Pelatihan Pembuatan Handsanitaizer

(143 Views) November 17, 2020 1:57 pm | Published by | No comment

Suarapatinews. Kudus – Pentingnya kesadaran menjaga kebersihan tangan, pasalnya tangan adalah bagian tubuh yang sangat rentan dan dapat dengan mudah menjadi tempat bersarangnya virus, dan bakteri.

Tangan sebagai salah satu organ tubuh yang sering kali berinteraksi, menyentuh dan dapat menjadi media penyebaran kuman, virus serta bakteri yang berbahaya.



Misalnya aktivitas saat membuka pintu, memegang tangga, memencet tombol lift, keyboard komputer dan berjabat tangan.

Lalu tanpa disadari, setelahnya kita makan, mengusap mata, menyentuh hidung atau mulut kita sendiri, pada saat itulah kuman atau virus dapat masuk ke tubuh.

Mahasiswa KKN UIN Walisongo bersama pemuda karangtaruna desa pedawang kecamatan Bae kabupaten Kudus mengadakan pelatihan pembuatan handsanitaizer kepada masyarakat pada Ahad 18 Oktober 2020.

Bertempat dihalaman balai desa Pedawang kegiatan pelatihan disambut antusias para pemuda dan masyarakat desa pedawang.

Nova (mahasiswa KKN) menuturkan bahwa “Handsanitaizer memiliki banyak manfaat diantaranya menjaga kebersihan dan mencegah bakteri, dapat digunakan untuk benda lain.

Misalnya saja untuk membersihkan layar hp dan laptop, membersihkan pegangan pintu, serta alat makan saat tidak tersedianya air, serta fleksibel saat dibawa bepergian.”

Tyas dan Ulum selaku pemateri terlihat cekatan menjelaskan langkah-langkah pembuatan jahe dari proses awal hingga akhir.

Adapun bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan handsanitaizer diataranya Alkohol 70% dan minyak zaitun selain sebagai penambah aroma pada handsanitaizer juga sebagai pelembut pada kulit tangan.

Perbandingan alkohol dan minyak zaitun yaitu 3:1 , selanjutnya kedua larutan dihomogenkan dengan cara diaduk dan dikocok.

Setelah dirasa sudah homogen larutan dikemas dalam bentuk botol spray dan dibagikan kepada seluruh peserta pelatihan.

Wahyu selaku peserta terlihat senang ketika mendapatkan handsanitaizer dan menuturkan “Semoga acara seperti dilakukan diberbagai tempat dan semoga masyarakat semakin sadar tentang pentingnya menjaga kebersihan terutama kebersihan tangan.” (Nova)

Published by

Categorised in:

No comment for Putus Rantai Persebaran Covid-19 Mahasiswa KKN UIN Walisongo Mengadakan Pelatihan Pembuatan Handsanitaizer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *