Tuesday, 07-12-2021 06:35:02 am
Home » Daerah » Karang Taruna Kecamatan Gabus Menggelar Aksi Peduli Lingkungan

Karang Taruna Kecamatan Gabus Menggelar Aksi Peduli Lingkungan

(252 Views) November 11, 2021 3:48 am | Published by | No comment

Suarapatinews. Pati-Bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan tepatnya 10 November 2021 ini, yakni sebagai refleksi perjuangan dalam menjaga kemerdekaan dengan mengisi kemerdekaan tersebut melalui beragam cara. Termasuk yang dilakukan oleh Karang Taruna Kecamatan Gabus menggelar aksi peduli lingkungan, Rabu (10/11/2021).

Aksi peduli lingkungan ini dalam bentuk gerakan bersih sampah, tepatnya di kanan-kiri jalan yang biasanya menjadi tempat favorit buang sampah sembarangan.
“Kita menyisir ke barat sepanjang jalan karena di situ terdapat cukup banyak tumpukan sampah di buang sembarangan. Ini karena kurangnya kesadaran masyarakat terhadap sampah,” ujar Ketua Karang Taruna Kecamatan Gabus, Sutrimo seusai acara, Ia mengatakan di bagian kanan-kiri jalan menjadi tempat buangan sampah secara sembarangan oleh warga. Ini termasuk kebudayaan kebiasaan buruk yang harus diubah.
Selain itu, menurutnya dalam penanganan masalah kebersihan utamanya dari buang sampah sembarangan, perlu upaya serius dari semua pihak. Kemudian ada kesadaran menjaga lingkungan hidup bersih. Oleh karena itu, perlu secara masif kegiatan edukasi sehingga muncul kesadaran menjaga lingkungan.



“ini berlaku bagi di semua tempat, bukan hanya di sini (Gabus, red) bahkan kalau dibiarkan sampah berserakan di tepi jalan akan jadi seperti TPA, sampah bertumpukan. Ini jelas mengganggu kenyamanan bagi masyarakat sendiri,” terangnya.
Ke depan, lanjutnya yang jelas tetap akan dilanjutkan kegiatan serupa. Sehingga anggota karang taruna diharapkan menjadi motor penggerak peduli kebersihan di lingkungannya masing-masing.
Pihaknya sangat terbantu dengan fasilitasi oleh DLH Kabupaten Pati dengan menyediakan Pusat Daur Ulang (PDU) di Desa Tambahmulyo. Jadi ini bisa dimanfaatkan sebagai kontrol dan sentral pengelolaan sampah bagi masyarakat setempat maupun di sekitarnya.

Kegiatan peduli lingkungan gerakan pungut sampah ini diikuti karang taruna setempat hingga tingkat kabupaten, Muspika Gabus, pemerhati lingkungan, juga dari Ketua Pasopati Gabus, (Stn)

Published by

Categorised in:

No comment for Karang Taruna Kecamatan Gabus Menggelar Aksi Peduli Lingkungan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *