Monday, 20-05-2024 04:31:21 pm
Home » Daerah » Uncategorized » Bendung Kembang Kempis Proses Pengerjaan Mencapai Angka 44 Persen

Bendung Kembang Kempis Proses Pengerjaan Mencapai Angka 44 Persen

(201 Views) November 2, 2023 8:56 am | Published by | No comment

Suarapatinews. Pati Bendungan Kembang Kempis yang berada di Desa Bungasrejo Kecamatan Jakenan Kabupaten Pati hingga kini masih dalam proses pengerjaan. Berdasarkan pantauan, progres pengerjaan baru mencapai angka 44 persen dan ditargetkan rampung di tahun 2024.

Dalam kunjungannya belum lama ini, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Juwana Harya Muldianto menuturkan, proyek raksasa yang menelan anggaran sebesar Rp 260 miliyar ini dapat memberikan banyak manfaat bagi masyarakat yang tinggal di sepanjang Sungai Juwana.



“Sungai Juwana ini kan untuk drainase utama yang memiliki anak sungai dari berbagai daerah. Panjangnya kurang lebih 60 KM. Pati kan kalau musim kemarau kekeringan, sedangkan kalau musim hujan kebanjiran. Sehingga perlu infrastruktur ini (bendung karet),” ucap Harya.

 

Selain dapat menampung aliran air sungai saat musim hujan dan mengurangi resiko banjir. Harya menyebut, adanya bendungan ini bisa menampung air laut yang naik ke daratan. Sehingga, masyarakat disekitarnya bisa memanfaatkan untuk sektor pertanian.

 

“Manfaatnya adalah mencegah masuknya air laut ke area pertanian saat musim kemarau seperti saat ini. Serta untuk irigasi area pertanian,” imbuhnya.

 

Proyek ini, katanya, bebarengan dengan normalisasi sungai juwana dan penataan tambat kapal di muara sungai. Untuk normalisasi, pihaknya mentargetkan agar bisa selesai secepatnya lantaran musim hujan yang diprediksi bakal segera turun.

 

Sedangkan untuk tambat dan pelebaran muara sungai, pihaknya belum bisa menentukan kapan akan rampung.

 

“Saat ini pelaksanaanya sudah mencapai 44 persen dan insyaallah selesai di 2024 yang akan datang. Dimana pembangunan ini bebarengan dengan normalisasi sungai Juwana dan penataan tanggul sungai,” tandasnya. (Stn)

Published by

Categorised in:

No comment for Bendung Kembang Kempis Proses Pengerjaan Mencapai Angka 44 Persen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *