Friday, 03-12-2021 07:38:02 pm
Home » Daerah » Uncategorized » Pengaruh Tingkat Kecemasan Seseorang Bagi Kesehatan Dimasa Pandemi

Pengaruh Tingkat Kecemasan Seseorang Bagi Kesehatan Dimasa Pandemi

(121 Views) November 9, 2020 11:45 am | Published by | No comment

Suarapatinews.com – Pati. Penyebaran wabah virus corona atau covid-19 yang sangat cepat. Selain perekonomian, wabah tersebut juga berdampak pada sektor kesehatan. Tak heran jika banyak orang yang mengalami kecemasan.


Sejumlah orang khawatir sakit atau tertular covid-19. Di sisi lain mereka juga cemas dengan masalah finansial, pekerjaan, masa depan, dan kondisi setelah pandemik. Dilansir dari SINDONEWS ( Kesehatan Jiwa di masa pandemi. 08 september 2020). Menurut lembaga riset kebijakan publik The Indonesia Institute (TII) mengungkapkan, berdasarkan yang dihimpun perhimpunan dokter spesialis kedokteran jiwa Indonesia (PDSKJI) dari april hingga agustus 2020 sekitar 47,9 persen diantaranya memperlihatkan gejala kecemasan, diikuti 36,1 persen menunjukkan gejala depresi. Dari seluruh data responden dari 34 provinsi tersebut, 85 persen diantaranya adalah perempuan. Jika mengacu pada struktur usia penduduk maka kelompok rentan yang terdampak pada kesehatan jiwa akibat pandemi covid diantaranya adalah perempuan, anak, dan remaja dan lanjut usia
Bagi sebagian orang, rasa stress dan cemas menghadapi pandemi corona bisa sampai menganggu kesehatan mental dan kejiwaannya. Terlebih jika sebelumnya seseorang memiliki riwayat gangguan kecemasan, depresi, serangan panic atau gangguan obsesif.
Di masa pandemi seperti ini, hampir semua orang mengalami kecemasan dengan kekhawatiran mereka masing-masing dan kecemasan pada setiap individu berbeda, karena hal tersebut sesuatu yang nolmal selama tidak merugikam diri sendiri atau menganggu kondisi kesehatan mental dan jiwa. Reaksi kecemasan juga berbeda beda setiap individu. Namun, pada orang orang tertentu kecemasan dapat menimbulkan reaksi sesaat seperti detak jantung menjadi lebih cepat, berkeringat, sakit perut, sakit kepa, mual dan lain sebaginya. Pengaruh dari kecemasan yaitu perasaan yang tidak enak menganggu kesehatan mental dan kejiwaan.

Published by

Categorised in:

No comment for Pengaruh Tingkat Kecemasan Seseorang Bagi Kesehatan Dimasa Pandemi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *