Monday, 29-04-2024 08:00:42 am
Home » Kabar Desa » Kopi Luwak ”DM Coffee” Perdopo Alternatif Kopi Berkualitas Tinggi Asli Pati

Kopi Luwak ”DM Coffee” Perdopo Alternatif Kopi Berkualitas Tinggi Asli Pati

(787 Views) February 11, 2019 11:33 am | Published by | No comment

Suarapatinews. Pati – Kopi merupakan salah satu komoditas yang semakin diminati di pasaran. Bukan lagi rahasia jika banyak kopi asli Indonesia yang telah merambah pasar mancanegara, (11/02/19).

Kopi luwak asal desa Perdopo kec. Gunungwungkal Pati menggebrak pasa dunia.

Mulai dari Bali Kintamani, Aceh Gayo, Kopi Lampung, Kopi Toraja, hingga Kopi Flores, namun, satu yang mencolok di antara varian kopi tersebut yakni Kopi Luwak, satu kilogram kopi dapat dihargai ratusan ribu hingga jutaan rupiah.



Dengan promo dari mulut ke mulut untuk memperkenalkan, inilah Kopi Luwak Perdopo, meskipun masih diolah dan dikemas secara tradisional, kopi ini tak kalah jika dibandingkan dengan varian kopi lain.

Melalui tangan ulet ibu Sutarni kopi diproses, mulai dari pemetikan langsung dari pohon, hingga packaging, semuanya masih dilakukan secara manual.

Adapun untuk proses roasting sendiri dilakukan dengan menggunakan mesin yang ada di Desa Sidomulyo.

“Kami mulai produksi kopi Luwak sejak dua tahun lalu, variannya lebih ke Arabika, kalau tingkat roastingnya beragam, mulai dari Light, hingga dark.”, tukas bu Sutarni.

Dibanding dengan kopi Luwak pada umumnya, kopi ini memiliki cita rasa yang lebih khas dengan aroma yang harum mewangi dan terasa fresh.

Sayangnya, nikmat kopi Perdopo ini belum santer terdengar bagi masyarakat luar.

Kegiatan promosi dan penjualan masih dilakukan sebatas mulut ke mulut, kerabat, dan akun social media Facebook. Untuk pemasaran, kopi ini masih dijual di area Pati dan sekitarnya, Jakarta, hingga Banjarnegara.

Sang empunya juga mengaku, bahwa ia hanya menjual Kopi Luwak selama musim panen kopi, sehingga Luwak tidak harus melulu mengonsumsi kopi sebagai bahan makanan mereka.

Satu kemasan dengan ukuran 100 gram masih dibanderol dengan harga yang cukup murah, yakni sekitar 50 ribu rupiah.

Diharapkan, kedepannya Kopi Luwak Perdopo ini mampu menarik lebih banyak pasar, baik local maupun internasional. (Paundria)

Published by

Categorised in:

No comment for Kopi Luwak ”DM Coffee” Perdopo Alternatif Kopi Berkualitas Tinggi Asli Pati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *